Back Anda disini: Home

Artikel

Minta Perusahaan Konservasi Lahan

Sawah di Desa Epil, Kecamatan Lais, Muba yang kekeringan.SEKAYU - Wakil Bupati Muba Beni Hernedi meminta  perusahaan di wilayahnya melakukan konservasi lahan. Hal ini, harus dilakukan menyusul kerusakan tanah yang semakin banyak dan kekeringan di beberapa daerah.

“Perusahaan wajib untuk menjaga ekosistem dan pembangunan haruslah berwawasan lingkungan. Jangan hanya asal membangun tanpa memperhitungkan dampak terhadap lingkungan,” kata Beni, Senin (13/10).

diakuinya,  makin  bertambahnya lahan perkebunan  perkebunan hingga puluhan ribu hektare berpengaruh terhadap ketersediaan air dan kualitas tanah. “Perkebunan sawit inilah yang diduga menyebabkan kekeringan di beberapa tempat. Contohnya saja ada perusahaan yang menanam sawit di bantaran sungai, padahal itu tidak diperbolehkan,” ujarnya.

Karena itulah, lanjutnya, langkah konservasi adalah salah satu upaya menjaga dan meningkatkan produktivitas tanah, kuantitas,  dan kualitas air. Apabila tingkat produktivitas tanah menurun. Dipastikan kualitas air sungai turun dan tercemar. (yud)