Kam07302015

Last update02:32:16 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

United Seleksi Empat Kiper

MANCHESTER - Gawang Manchester United hanya kebobolan 37 kali sepanjang musim 2014-2015.  Hal itu bukan karena kokohnya lini 
pertahanan Setan Merah, melainkan karena performa David De Gea Quintana. Sebagai palang pintu terakhir, De Gea tercatat melakukan 2,14 penyelamatan di tiap pertandingan United. Itu bahkan lebih bagus dari Thibaut Curtois yang hanya 1,91 per pertandingan.
Kepergian De Gea yang hampir pasti di musim panas ini tentu bakal jadi kehilangan bagi Setan Merah. Namun, United berkeinginan untuk tetap menjadi juara meski tanpa De Gea. Saat ini, Van Gaal memiliki empat kiper lain yakni, Victor Valdes, Ben Amos, dan Andres Lindegaard, dan Sam Johnstone. Apalagi, usia Valdes pun sudah menua dan hampir tanpa iklim kompetitif pertandingan di musim lalu.
Di sisi lain, United pun tampaknya telah siap untuk melepas kiper 24 tahun asal Spanyol tersebut. Sejumlah nama kiper telah dikaitkan dengan rival sekota Manchester City tersebut. Di antaranya, Jan Oblak, Asmir Begovic, Hugo Lloris, dan Jasper Cilessen.
Performa Oblak bersama Atletico Madrid di musim lalu, tampaknya menjadi pertimbangan United untuk merekrut kiper asal Slovenia tersebut. Apalagi, transfer Oblak bakal menghadirkan nostalgia seperti kedatangan De Gea dari Atletico pada 2011 silam. 
       Nama Asmir Begovic pun mencuat dengan pengalamannya bermain di Premier League. Selain itu, setan merah bisa mendapatkannya dengan harga yang murah. Sebab, kontrak Begovic bersama Stoke City bakal berakhir pada Juni nanti. Meski begitu, kandidat terkuat untuk menggantikan De Gea adalah Hugo Lloris (Tottenham Hotspur) dan Jasper Cilessen (Ajax amsterdam).
       Keinginan Lloris untuk segera bermain di Liga Champions musim depan menjadi angin segar bagi United jika ingin mendapatkan tanda tangan kiper asal Prancis itu. Apalagi selama membela Spurs sejak 2012 lalu, Lloris tak pernah lagi bermain di kompetisi paling bergengsi di Eropa itu. Namun, Lloris enggan mengomentari rumor kepindahannya ke United.
       "Saya memiliki respek pada pelatih dan rekan setim, lagipula aku masih terikat kontrak hingga 2019 nanti. Meski begitu, setiap pemain membutuhkan bermain di Liga champions yang merupakan level tertinggi. Aku harap bisa bermain di champions lagi," terangnya.
       Selain itu di musim 2014-2015, Lloris bermain 35 kali dan mencatat 2,54 penyelamat per pertandingan. United harus merogoh kocek 18 juta poundsterling (Rp. 392, 5 miliar) untuk menemui klausul buy-out kontrak kiper 28 tahun itu. Semakin tidak mudah karena chairman Spurs ngotot untuk mempertahankan pemain terbaik yang mereka miliki. Jika United menemui jalan mereka bisa mengalihkan pandang pada Jasper Cilessen. 
       Kiper 26 tahun asal Belanda itu menyatakan terang-terangan keinginannya untuk pergi dari Ajax. "Jika saya tidak ingin pergi, tentu saya akan menandatangani kontrak baru. Tapi tidak. musim panas ini merupakan waktu yang tepat untuk pergi dengan kontrak yang berakhir 2016 nanti," terangnya.
       Di sisi lain, Cilessen juga mengakui bahwa pelatih Ajax Frank De Boer memastikan bakal menolak pinangan untuk memboyong kiper berusia 26 tahun itu. Namun dengan keberadaan Van Gaal sebagai manajer United, bukan tidak mungkin De Boer memuluskan keinginan United. Faktor Van Gaal pula yang membuat Cilessen akan betah di United mengingat kerjasama apik mereka di Piala Dunia 2014 Brazil. (rif/nan)