Back Anda disini: Home

Artikel

Ararat, Kota Paling Gemuk di Australia Sukses Atasi Kegemukan

Kota kecil Ararat, sekitar 200 km di sebelah barat Melbourne, Australia, sukses mengatasi obesitas yang dialami penduduknya setelah dua tahun silam dinyatakan sebagai kota paling gemuk di Benua Kanguru.
 
Sejak kedatangan Program TV The Biggest Loser ke kota berpenduduk sekitar 7.000 jiwa ini tahun lalu, kampanye kesehatan masyarakat diluncurkan dengan fokus pendidikan dan kesehatan fisik warganya.
 
Menurut Angela Hunt dari pemerintah setepat, setelah dua tahun melakukan berbagai kegiatan fisik, kini hasilnya sudah mulai kelihatan.
 
"Hasilnya sudah kelihatan, dan kami masih terus melanjutkan kegiatan ini. Kami juga fokus pada masalah nutrisi," jelas Hunt.
 
Sejak dinyatakan sebagai kota dengan populasi paling gemuk di Australia di tahun 2012, perjuangan kota Ararat dimulai setahun lalu. Kota ini dipilih oleh Program The Biggest Loser karena statusnya itu.
 
Uniknya, hadirnya The Biggest Loser di kota itu mendorong seluruh kota untuk turut berpartisipasi. Bukan cuma para peserta The Biggest Loser yang mengikuti berbagai aktivitas fisik, tapi seluruh warga lainnya juga turut serta.
 
Hasilnya, dalam tempo enam bulan pertama, penduduk Ararat berhasil mencapai body mass index (BMI) yang lebih baik dari rata-rata nasional di Australia.
 
Sayangnya, hasil awal tersebut segera menyusut kembali begitu The Biggest Loser meninggalkan Ararat.
 
Makanya, pemerintah setempat dan para mantan peserta program TV tersebut, memutuskan bekerja sama untuk membuat perjuangan mengatasi kegemukan menjadi lebih permanen.
 
Ketika data BMI diperiksa kembali Juni lalu, hasilnya menunjukkan kota ini "kembali ke jalan benar" dalam mengatasi obersitas.
 
Dana 140 ribu dolar yang terkumpul melalui program TV tersebut, kemudian digunakan oleh pemerintah kota untuk membuat kompetisinya sendiri dalam mengatasi obersitas penduduknya.
 
Nama kompetisi itu adalah Active8, bertujuan mencari pemenang dari orang-orang gemuk yang berhasil menguruskan badannya dalam periode tertentu.