Back Anda disini: Home

Artikel

Kapal Dihantam Ombak, Empat Nelayan Gunung Kidul Selamat

WONOSARI - Ombak besar di Pantai Baron, Gunung Kidul, Yogyakarta Sabtu (11/10) petang lalu menghempaskan sebuah kapal nelayan. Beruntung empat nelayan di  atas kapal berhasil diselamatkan.
 
Empat nelayan itu adalah nakhoda bernama Wasiyo (37) dan tiga anak buahnya yakni Eko (32), Sugeng (28) dan Wasito (40). Akibat kejadian itu, mereka juga harus menanggung kerugian hingga puluhan juta rupiah karena kapal fiberglas yang digunakan rusak.
 
Peristiwa itu terjadi ketika kapal jungkung berbahan fiberglas bernama Herlia itu mengalami kecelakaan hanya beberapa meter dari bibir pantai. Saat itu mesin kapal mendadak ngadat.
 
Berbagai upaya perbaikan mesin kapal sudah dilakukan, namun gagal. Tak lama berselang tiba-tiba badai datang. Gelombang laut yang sangat besar langsung menerjang kapal jungkung itu.
 
Bodi kapal terseret menghantam karang sehingga rusak, sedangkan empat nelayan penumpang kapal tercebur secara terpisah. Beruntung, mereka masih mengenakan baju pelampung sehingga selamat dari maut. Bahkan salah satu nelayan sempat menghubungi tim SAR Pantai Baron dengan handy talky.
 
Sembari menunggu pertolongan datang, keempat korban berenang menuju tepian. ”Ketika kami temukan para nelayan itu masih berenang untuk menepi di pinggir pantai, selanjutnya kami tarik dan dibawa dengan kapal ke pantai,” kata anggota tim SAR Pantai Baron, Surisdiyanto kepada Radar Jogja, Minggu (12/10).
 
Setelah mendapat pemeriksaan tim medis dan dinyatakan sehat, keempat nelayan itu kembali ke rumah masing-masing denngan dijemput kelu-arga. (gun/din/jiong/jpnn)