Back Anda disini: Home

Artikel

Adat Jawa di Tujuh Bulanan Ashanty

JAKARTA - Anang Hermansyah (45) dan Ashanty (30), kemarin (12/10) menjalani prosesi tujuh bulanan 
kehamilan Ashanty di kediaman mereka di Villa Cinere Mas, Tangerang.
Rangkaian prosesi tersebut meliputi sungkeman, siraman, belah cengkir, ganti kebaya, hingga saling suap nasi tumpeng. Ashanty yang didampingi oleh Anang tampak cantik dengan riasan make up tipis serta mengenakan kaftan printed warna-warni. Aurel dan Azriel ikut menemani.
   Anang meyakini, prosesi dalam adat Jawa tersebut punya nilai filosofis buat jabang bayi mereka. "Katanya, bayi itu bisa merasakan apa yang dirasakan ibunya dan bisa melihat dunia luar melalui mata ibunya. Saya mau memperkenalkan adat Jawa ini ke dia (bayi) karena dia harus tahu budayanya," kata Anang yang baru saja dilantik menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). 
Anang menjadi orang pertama yang menyiramkan istrinya dengan air kembang dari tujuh sumber mata air yang telah dibacakan doa.  Setelah proses siraman, Anang kemudian membelah sebuah kelapa muda sebagai simbolis untuk mengetahui jenis kelamin anak yang dikandung istrinya. 
Terlihat wajah bahagia dari Ashanty yang sebentar lagi menjadi seorang ibu. Sambil ikut melantunkan doa sesekali Ashanty mengelus perutnya. Aurel yang duduk di sebelahnya juga sesekali tampak mengusap calon adiknya yang tengah dikandung Ashanty. (dod/c6/nda/ce2)