Back Anda disini: Home

Artikel

Enam SKPD Belum Kumpulkan Renstra

EMPAT LAWANG - Ada enam Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang belum mengumpulkan Rencana Strategis (Renstra). Semestinya rensta harus dikumpulkan setelah enam bulan bupati dilantik. Akan tetapi bupati sudah hampir setahun lebih dilantik.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) H Nanti Kasih Ade mengatakan, pihaknya sudah berkali-kali mengingatkan kepada seluruh SKPD yang ada untuk mengumpulkan renstra. "Sebenarnya renstra mereka itu sudah ada, namun masih ada yang belum lengkap. Renstra harus dikumpulkan karena di dalam renstra itu ada program SKPD," jelas Nanti Kasih.

Kalau tidak dikumpulkan, lanjut Nanti Kasih, ditakutkan nantinya ada program yang dibuat setiap SKPD tidak terlaksana, sebab sebelum melaksanakan program itu harus didiskusikan terlebih dahulu.

Apakah berpengaruh dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)? Dia menjawab hal itu tidak mengganggu sama sekali, hanya saja akan berdampak pada program yang mereka buat karena tidak terarah. "RPJMD tetap berjalan, hanya saja program dari SKPD itu tidak terarah, "jelasnya.

Lebih lanjut Nanti berharap kepada SKPD yang belum mengumpulkan Renstra dapat sesegera mungkin mengumpulkannya, karena tidak ada alasan bagi SKPD untuk tidak siap karena jangka waktu yang diberikan sudah lama. "Jadi dengan dikumpulnya Renstra itu agar program yang ada dapat didiskusikan secara bersama, supaya dapat terarah, "harapnya.

Untuk diketahui SKPD yang belum mengumpulkan Renstra yakni Sekretariat Daerah, PU CK dan Pengairan, Sekretariat DPRD, Dishubkominfo, BPBD, Kantor perizinan dan PMD. (eno)