Kam11272014

Last update10:56:54 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Tausiah Sambil Musi Tour

PALEMBANG – Hj Neno Warisman, artis sekaligus pendakwah kondang, makin sering berkunjung ke kota pempek. Kemarin (12/10), sembari Musi Trip yang digagas Indonesia Parenters Community (IPC) dengan kapal Putri Kembang Dadar, dia memberikan tausiahnya.
Ustazah Neno menekankan pentingnya perhatian dan kasih sayang orang tua kepada anak. “Banyak kejadian dalam keluarga yang bisa menimbulkan perilaku tidak benar dari anak, terutama jika orang tua salah mendidik anaknya,” ujarnya didampingi Ustaz H Darmadi.
Lebih lanjut dikatakan, pada diri setiap anak cerdas, ada lebih kurang 100 miliar sel di kepala mereka. Tapi,  semuanya belum tersambung satu sama lain.
“Untuk menyambungkan seluruh sel tersebut, sangat penting peranan orang tua, guru, dan lingkungan yang membentuknya menjadi utuh,” ungkapnya.
Ibarat kata, anak terlahir bagaikan kertas putih. “Tinggal orang tuanya yang akan menuliskan dengan tinta warna apa,” cetus Neno. Anak harus dibesarkan dengan prinsip kasih sayang, bukan tuntutan, membandingkannya dengan anak lain, serta bukan pula dengan cara di-buly dan dianiaya. “Anak perlu kasih sayang dan kelembutan yang akan membentuknya menjadi pribadi yang berkualitas,” imbuhnya.
Pembina IPC Sumsel, Ny Selfie Harnojoyo, diwakili Ny Ida Rosyidah Toto menyatakan, memang banyak hal yang dapat memengaruhi tingkah laku anak. Di antaranya, perceraian orang tua dan kurangnya pengawasan orang tua. “Untuk itulah, muncul keinginan membentuk komunitas IPC ini,” jelasnya.
Ketua Umum IPC Sumsel, Putri Dewi Ramadhanti menambahkan, IPC merupakan komunitas dengan visi utamanya menyiapkan generasi pemimpin yang berkarakter mulia.
Misinya menyebarluaskan pola pengasuhan terbaik di rumah tangga, sekolah, dan lingkungan. Termasuk memberdayakan peran dan kepribadian calon orang tua, ayah, dan ibu serta masyarakat pada umumnya.
    “Salah satu cara yang kami lakukan yakni mengadakan seminar anak-anak SD, seminar untuk calon orang tua, institute parently, workshop pada pasangan pranikah, dan juga sebagai motivator,” tuturnya. (chy/ce4)