Back Anda disini: Home

Artikel

Apple Masih Menjadi Merek Termahal di Dunia, Disusul Google

PERSAINGAN antara perusahaan-perusahaan teknologi kian ketat. Kini dengan nilai sama-sama di atas 100 miliar USD atau setara 1.200 triliun rupiah, Apple dan Google berhasil menjadi merek termahal pertama dan kedua di dunia berdasarkan peringkat Best Global Brands.

Selama dua tahun berturut-turut, Apple mengungguli Google sebagai merek termahal di dunia. Peringkat tersebut disematkan Interbrand kepada dua perusahaan asal Amerika Serikat ini, dengan mempertimbangkan tiga kriteria utama, yakni performa produk, pengaruh merek pada kecenderungan pelanggan dan harga.

Bernilai 118,9 miliar USD, Apple meningkatkan nilai perusahaannya sebesar 21 persen dibanding tahun lalu, sedangkan merek Google yang bernilai 107,43 miliar, meningkat 15 persen dari tahun 2013. CEO Interbrands, Jez Frampton mengatakan bahwa Apple dan Google mengalami peningkatan yang fantastis karena kemampuan mereka melakukan pencitraan produk secara optimal.

Di posisi ketiga ada Coca Cola dengan taksiran nilai mencapai 81 miliar USD, naik 3 persen dari kondisi setahun lalu. Selanjutnya adalah IBM (4), Microsoft (5), dan Samsung (8). Sementara itu, perusahaan Facebook merupakan merek yang nilainya juga melonjak tinggi dalam daftar tahun ini.

Namun karena perusahan baru, pertumbuhan yang fantastis itu pun baru mengantarkan perusahaan Mark Zuckerberg itu pada peringkat ke 29, di mana sebelumnya menduduki peringkat 33. (indopos)