Back Anda disini: Home

Artikel

Transgender Asia Pertama Asal Indonesia Tembus Selebriti Dunia

MELEDAKNYA kabar Mayang Prasetyo yang dimutilasi kekasihnya seorang warga negara Australia membuat dunia pemberitaan maya menjadi ramai. Pasalnya, Mayang Prasetyo adalah salah satu transgender berkewaragenaraan Indonesia yang dibunuh, kemudian dimutalisi, hingga jasadnya direbus oleh sang kekasih, Marcus Peter Volke.

Kini, pemberitaan dunia maya kembali diramaikan tentang salah satu transgender yang berdarah Indonesia. Namun, bukan kasus mutilasi, pembunuhan atau semacamnya.

Adalah Solena Chaniago yang disebut-sebut menjadi transgender Asia pertama yang berhasil menembus dunia selebriti dunia.

Solena lahir di Padang, Sumatera Barat, dengan jenis kelamin laki-laki. Dia bahkan pernah menjadi finalis Uda Sumatera Barat pada 1994.

Konflik batin sempat dialami Solena saat harus menjalani kehidupan seorang laki-laki. Sedari kecil, Solena mengaku memang sudah gemulai. Ia lebih suka mengenakan pakaian perempuan sedari dini.

Bahkan menurut pengakuannya, ia pernah menikah dengan wanita pada 2003 silam dan memiliki anak. Namun pernikahan itu berjalan tak bahagia karena ia merasa sejatinya adalah seorang wanita. Solena pun depresi.

Tahun 2005, Selena akhirnya memutuskan pindah ke New York dan mulai berkeinginan menjadi perempuan. Pada 2010, barulah ia memutuskan menjalani operasi ganti kelamin yang ditangani salah satu dokter terbaik dunia di Thailand. Ia disebut-sebut menghabiskan dana Rp1 miliar demi operasi payudara, bentuk badan, dan kelamin.

Hingga kini, Solena merasa bahwa dia sebenarnya terlahir untuk menjadi seorang wanita seutuhnya. Dari situlah ia mulai merintis karirnya di negeri orang.

Kabarnya, Solena yang kini bertempat tinggal di New York pernah mengukir karir dengan bermain di beberapa film Hollywood. Solena pernah bermain film dokumenter dan beberapa film pendek di Jerman dan Spanyol.

Solena pernah berakting di film komedi “The Extra Man” pada 2010 bersama Katie Holmes. Solena merasa sangat bersyukur mendapat kesempatan tampil beradu akting bersama aktris Hollywood, Katie Holmes. Dia mengasah bakat aktingnya bersama Katie Holmes di film yang bergenre komedi itu tahun 2008 silam.

Semakin percaya diri dengan kemampuan beraktingnya, Solena kemudian melanjutkan akting di New York pada 2010. Tidak disangka, keberuntungan datang kepadanya. Bintang kelahiran Padang tersebut dipilih oleh seorang sutradara bernama Antoine Fuqua untuk bermain di film“The Brooklyn Finest”. Film yang dirilis pada 5 Maret 2010 tersebut dibintangi aktor ternama Richard Gere dan menjadi film layar lebar pertama Solena.

Meski hanya mendapat peran kecil, Solena tetap bangga. Tak puas berkarir di dunia akting, ia melebarkan sayap menjadi penata rambut khusus pria di sebuah salon dan spa, Paul Labrecque, New York.

Dari pekerjaan tersebut, Solena pernah menangani rambut selebritas serta tokoh ternama dunia. Rambut Presiden Amerika Serikat ke-42 Bill Clinton hingga manajer Justin Bieber, Scooter Braun, pernah ditanganinya.

Kini, Solena yang memiliki pacar berkewarganegaraan Jerman itu kembali ke Indonesia untuk mencoba peruntungan di dunia hiburan Tanah Air. (indopos.co.id)