Min07052015

Last update07:46:33 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Pertolongan Pertama yang Keliru dan Harus Dihindari

LONDON- Anda mungkin akan segera menelepon ambulans bila melihat kecelakaan atau peristiwa serangan jantung. Namun, untuk keadaan darurat lainnya seperti luka bakar atau keseleo, Anda akan bergerak untuk memberikan pertolongan pertama sebelum membawa korban ke rumah sakit.
 
Sayangnya, Anda juga bisa saja keliru saat memberikan pertolongan. Berikut adalah beberapa kesalahan saat memberikan pertolongan pertama yang harus Anda hindari seperti dilansir Health Me Up, Minggu (21/6).
 
1. Menunda pengobatan luka bakar.
 
Jangan gunakan es langsung pada luka bakar. Cara paling efektif untuk menenangkan luka bakar adalah dengan membiarkan luka berada di bawah air dingin yang mengalir minimal 15-20 menit. Hal ini sangat penting untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.
 
2. Menerapkan balsam jika Anda keseleo
 
Panas memperburuk pembengkakan dan bisa mencegah cedera dari penyembuhan yang seharusnya sangat cepat. Sebaliknya, menerapkan es ke daerah fraktur atau keseleo selama sekitar 20 menit bisa mengurangi pembengkakan. Tempatkan penghalang tipis seperti kain lap antara es dan kulit.
 
3. Menjejalkan sebuah objek ke dalam mulut korban selama kejang.
 
Menempatkan objek dalam mulut korban bisa mengakibatkan cedera seperti gigi retak atau patah rahang. Sebaliknya, letakanlah mereka di tanah lembut dan segera panggil ambulans. (fny/jpnn)