Rab09172014

Last update04:34:15 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Lebih Produktif

JAYAPURA - Perseru Serui berhasil menundukkan tamunya Persiba Balikpapan dengan skor akhir 3-2 pada pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia wilayah Timur di Stadion Mandala, Minggu (23/2) sore.
Dibanding laga  Persipura kontra Persiba yang berakhir 1-0 untuk Persipura,  maka tim Perseru nampaknya lebih produktif dalam mencetak gol.

Meski harus susah payah dan kejar mengejar gol, namun tim Perseru yang dari awal  merencanakan strategi menyerang bisa meraih poin penuh.
Sejak awal, kedua tim memang tampil saling menyerang. Tim tuan rumah Perseru Serui menurunkan duet penyerang Oktovianus Maniani dan Yoksan Amma langsung menekan pertahanan Persiba. Di menit ke-9, Tony Roy Ayomi yang mencoba membawa bola dari sisi kiri pertahanan tim tamu dijegal oleh Rendi Siregar di kotak terlarang.
 Wasit Harianto yang memimpin pertandingan langsung menunjuk titik putih sebagai hukuman. Seme Patrick yang dipercaya sebagai eksekutor berhasil menjebol gawang Persiba Balikpapan yang dikawal Wawan Hendrawan.
Tertinggal 1-0, membuat anak asuh Jaya Hartono berupaya bangkit  menyerang lewat kaki pemain asal Liberia Ansa Toure, tapi masih melebar dikiri gawang kiper Teguh Amirudin. Sementara tendangan Soler masih bisa ditepis oleh kiper asal Arema Malang U-21 itu, sehingga melahirkan tendangan pojok.
Tendangan pojok ini akhirnya dimanfaatkan oleh Carlos Gonsales Osuna di menit ke-13 dengan sundulan ke arah gawang Perseru dan tidak bisa ditepis kiper Teguh Amirudin, skor pun imbang 1-1. Selang tiga menit Oktovianus membuat timnya unggul 2-1, setelah memanfaatkan umpan dari pemain tengah berhasil lepas dari kawalan pemain belakang Persiba, dan mencip bola. Perseru berbalik unggul 2-1.
Pada menit ke-26, Yokwan Amma tanpa sengaja menyentuh bola akibat  kemelut di depan gawang. Wasit Harianto langsung menunjuk titik putih. Toure yang menjadi algojo bagi tim tamu langsung menjebol gawang Perseru. Kedudukan pun imbang lagi, 2-2 hingga akhir babak pertama.
Di babak kedua, kedua tim terus berupaya menambah gol, beberapa peluang kedua tim sempat terjadi, namun tidak bisa dikonversi menjadi gol. Kesempatan bagi Perseru muncul pada menit 73, berawal dari tendangan jarak jauh Arthur Bonai yang mengarah ke gawang. Bola tidak bisa diantisipasi kiper, karena  berbelok arah membentur pemain Persiba, dan berbelok membentur tiang dan akhirnya masuk, skor berubah 3-2 untuk kemenangan Kuda Laut Jingga, julukan Perseru.
Pelatih Perseru, Robby Maruanaya cukup puas dengan permainan anak asuhnya. “Target tiga poin berhasil anak-anak jawab dengan permainan yang bagus, menyerang untuk menang,” katanya usai pertandingan.
Sementara itu, Pelatih Persiba Balikpapan, Jaya Hartono sampaikan jika pertandingan sore kemarin cukup bagus, kedua tim tampil dengan tempo sedang dan menyerang. “Saya melihat anak-anak Persiba masih trauma dengan pertandingan sebelumnya, mereka terbeban dan tidak bisa main lepas,” katanya.
Soal gol ketiga Perseru Serui, mantan pelatih Persik Kediri itu menilai gol itu berbau keberuntungan.  “Tapi pada intinya Perseru bermain bagus, terutama pergerakan Octovianus Maniani yang bisa membongkar pertahanan kami. Dia bisa ke kiri, ke kanan, dan bahkan cetak gol kedua,” katanya. (yud/tri/ion/ce5/ndy)