Back Anda disini: Home

Artikel

Qasidah Rebana Kegiatan Langka

EMPAT LAWANG - Qasidah Rebana merupakan kegiatan langka di kabupaten Empat Lawang, oleh sebab itu, Selasa (16/12), pihak Pemkab Empat Lawang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda menggelar festival Qasidah Rebana dan Nasyid se Kabupaten Empat Lawang.

"Kegiatan ini (Rebana,red) merupakan kegiatan langka. Apalagi jika pesertanya para remaja, karena zaman sekarang ini hanya sedikit remaja yang menyukai Rebana," ujar Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) ketika membuka festival Rebana di aula Hotel Kito.

Namun HBA, bersyukur sebagian remaja di Empat Lawang banyak remaja yang menyukai Rebana. Pasalnya, dari sepuluh kecamatan semuanya mengirimkan pesertanya masing-masing.

"Biasanya remaja sekarang ini senangnya dengan festival band, namun di Empat Lawang ternyata banyak juga remaja yang menyukai Rebana," katanya.

Sementara Kepala Bagian Kesra Setda Empat Lawang Jusman mengatakan, sepuluh kecamatan di Empat Lawang semuanya mengirimkan pesertanya baik Qasidah Rebana maupun Nasyid dan untuk tahun ini pesertanya khusus remaja.

"Peserta Nasyid, satu kecamatan mengirim dua grup yang terdiri dari tiga sampai lima orang. Sedangkan Rebana, satu kecamatan mengirim tiga grup yang terdiri dari 13 sampai 15 orang.

Namun ada sebagian kecamatan yang hanya mengirim satu atau dua grup Rebana," ujar Jusman.

Tujuannya, lanjut Jusman, guna menghidupkan Qasidah Rebana dan Nasyid di Empat Lawang serta mengembangkan kesenian bernuansa Islami demi terwujudnya Empat Lawang yang religius. (eno)