Back Anda disini: Home

Artikel

Satu Pelaku Bobol Rumah Diciduk

PALEMBANG - Satu dari empat pelaku pembobol rumah berhasil diringkus aparat Polsekta Ilir Timur (IT) II, Rabu (19/2) sekitar pukul 17.00 WIB. Tersangkannya Rudi Harsono (38) warga Jl DI Panjaitan, Lr Sinar Radang, RT 51/09, Kelurahan Plaju Ulu, Kecamatan Plaju, dirinya ditangkap saat baru bangun tidur di kamar rumahnya. Diketahui, aksi tersangka terjadi pada Januari lalu di salah satu rumah Perumahan Taman Kenten, Kecamatan IT II.

Saat itu keadaan rumah korban sedang kosong, tersangka Rudi dan ketiga temannya Iw, Mu dan Dk yang sudah berencana langsung beraksi. Iw dan Mu masuk ke dalam rumah dengan cara mencongkel pintu bagian depan.

Sementara tersangka Rudi dan Dk menjaga situasi di luar. Di dalam rumah korban, pelaku berhasil menggasak Playstation (PS) 3, emas, jam tangan dan helm, setelah itu para pelaku kabur untuk menjual hasil curian mereka.

"Kami uwong empat, Iw samo Mu masuk lewat pintu depan dengan cara mencongkel pintu pakai obeng. Aku cuman jago di luar bae. Seluruh barang Iw yang jual, aku dapat bagian empat juta," ujar tersangka Rudi yang bertato laba-laba di dada kirinya itu.

Lanjutnya, uang tersebut dibelikannya susu untuk anaknya. Selain ditangkap kasus bobol rumah, dirinya juga pernah mendekam di salah satu lapas di Bandung, Jawa Barat dan di Lapas Pakjo dengan kasus jambret.

"Ditangkap tabes (Polresta Palembang,red) duo kali kasus jambret, di Bandung sekali," ujar tersangka Rudi, bapak satu anak dan berprofesi sebagai buruh bangunan.

Kapolsekta IT II Kompol Yoga Baskara Jaya SH SIk melalui Wakapolsekta AKP Rachmat Pakpahan SH mengatakan tersangka Rudi ditangkap dikediamannya atas kasus pencurian. "Tersangka Rudi dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat), sementara untuk ketiga pelaku lainnya masih dalam penyelidikan pihak kami," pungkas Pakpahan. (Cj1/ndy)