Back Anda disini: Home

Artikel

Ciptakan Implan Payudara Paling Ringan dan Antikendur

PAYUDARA palsu memang tampak lebih kencang pada awal-awal pemasangan. Namun seiring bertambahnya usia, kulit yang tidak mampu menahan bobot implan bakal mengendur. Karena itulah diciptakan implan payudara paling ringan di dunia.

Implan yang diberi nama B-Lite itu memiliki bobot 30 persen lebih ringan dari implan yang ada selama ini. Dengan bobot yang lebih ringan, risiko kedur saat kulit payudara mulai menua akan lebih kecil. Payudara palsu itu juga akan tampak kencang lebih lama.

Jika payudara palsu umumnya dibuat dari silikon saja atau larutan saline, B-Lite dibuat dari bahan yang agak berbeda. Selubungnya memang tetap dari silikon, namun isinya adalah semacam silikat, yakni bentuk padat dari silikon namun memiliki bobot lebih ringan.

"Implan payudara tidak pernah lebih ringan sejak ditemukan pada 1962. Tidak banyak perubahan sejak saat itu," kata pencipta B-Lite, Dael Govrin, seperti dilansir laman Dailymail, Senin (14/4).

Bobot implan yang terlalu berat disebut-sebut sebagai salah satu faktor yang mempercepat kendurnya payudara. Rata-rata, bobot implan mencapai 1 pound (sekitar 0,45 kg). Sedangkan bobot payudara asli umumnya lebih ringan meski tidak disebutkan berapa rata-ratanya.

Prihatin dengan hal itu, Govrin merancang implan dengan bobot yang lebih ringan. Sebanyak 40 perempuan Israel menjadi pasien pertama yang mengenakan implan payudara paling ringan ini. Sementara sebagian lainnya baru pertama kali mengenakan implan.

"Umpan balik dari pasien-pasien pertama kali luar biasa positif. Payudara (palsu) tersebut tampak natural," pungkas Grovin.(fny/jpnn)