Kam11272014

Last update07:29:50 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Awasi Penebangan Pohon Musim Kemarau

PAGARALAM – Memasuki musim kemarau belakangan ini, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kota Pagaralam melalui Tim Pengawas dan Pemelihara Hutan (TPPH) tetap intensifkan melakukan pengawasan terhadap aksi penebangan pohon secara liar untuk membuka ladang (kebun, red).

Baik itu di wilayah hutan lindung (Hutlin) ataupun di kawasan lindung yang ada di Kota Pagaralam. Demikian diungkapkan Kadishutbun Kota Pagaralam Ir. M. Syarbani, melalui Kabid Rehabilitasi dan Perlindungan Dekky Aprizal SP.

“Memasuki musim kemarau seperti ini, dimungkinkan aksi pembalakan liar dan pembukaan lahan kebun terjadi, karena itu perlu adanya pengawasan intensif di lapangan dengan menerjunkan petugas TPPH melakukan patroli,” ulas Syamsuri.

Dia juga tidak menampik, salahsatu dampak pembakaran hutan  menyebutkan kabut asap. “Seperti saat ini, daerah Kota Pagaralam mulai diselimuti kabut asap. Imbas dari kebakaran lahan hutan dan semak,” singgungnya.

Sasaran patroli TPPH, adalah di sejumlah daerah yang rawan termasuk di kawasan Hutlin. Disebutkannya, semisal di Dusun Tebat Benawa, Kecamatan Dempo Selatan, Dusun Rimba Candi dan Dusun Meringang, Kecamatan Demo Tengah. Begitupun di Kecamatan Dempo Utara, di Hutlin Bukit Dingin – Bukit Patah.

Daerah rawan sebagai kawasan lindung, semisal daerah aliran sungai (DAS), jurang ataupun daerah perbukitan. Di daerah dimaksud lahan hutannya tidak boleh dirusak atau dirambah. “Sepanjang DAS Endikat rawan menjadi sasaran alihfungsi hutan untuk dijadikan lahan kebun oleh masyarakat,” jelasnya.

Hanya saja untuk sementara ini, kita belum menerima laporan di lapangan, begitupun temuan. Terkait perambahan hutan di Hutlin atau di kawasan lindung. Sementara kendala yang dihadapi di lapangan, TPPH bertugas hanya melakukan pengawasan dan melakukan penyitaan barang bukti jika ada temuan pembalakan liar.

“Kita sebatas demikian, berbeda dengan petugas Polhut yang dilengkapi dengan senjata api (Senpi),” pungkasnya seraya menyebutkan tugas TPPH juga melakukan penanaman pohon. (ald)