Back Anda disini: Home

Artikel

Baju 600 Penari Dilengkapi LED

PALEMBANG - Pesta olahraga akbar mahasiswa se-Asia Tenggara, ASEAN University Games (AUG) XVII akan digelar malam ini. Seluruh persiapan terus dimatangkan termasuk geladi resik tadi malam. Mulai dari pengisi acara artis, tarian kolosol, marching band dan lainnya.
Namun, pembukaan opening hari ini,  langsung oleh Wakil Presiden Yusuf Kalla dibayangi turunnya hujan. Bahkan, pada persiapan terakhir kemarin penari kolosal dan marching band harus menunda latihan lantaran hujan deras mengguyur Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring.
Irene Camelyn Sinaga, ketua Deputi Opening Closing mengungkapkan, persiapan opening terus dilakukan. "Semoga tidak ada kendala, tapi memang ada masalah pada hujan. Untuk itu, sudah dilakukan rapat koordinasi oleh seluruh panitia mulai dari Universitas Sriwijaya dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pemprov Sumsel untuk mengatasi itu. Rencananya, mereka (BPBD,red) akan melakukan rekayasa cuaca agar tidak terjadi hujan. Ya semoga saja besok (hari ini,red) tidak hujan," katanya kepada Sumatera Ekspres.
Terkait teknis acara, Irene mengatakan, konsepnya berbeda dari biasa. Antara tarian kolosol dan nyanyian akan dibawakan secara bersamaan. "Waktu pertunjukan lebih singkat atau hanya sekitar 30 menit. Ada sembilan lagu yang dibawakan secara medly."
 Kata Irene, rincian lagu ada Indonesia Pusaka (Guru Soekarno Putra), Nakal (Gigi), Sepatu (Dewi Gita), Fire Work (Andy Rif), Sakitnya Tuh di Sini (Ira Swara), Dekat di Hati (Run), dan Terbang  (Andy Rif). Pembawa acara Rianti Cartwright dan Erwin Parengkuan. "Nyanyian mereka tersebut akan diiringi tarian kolosal sebanyak 600 orang," ulasnya.
Perbedaan lainnya, seluruh pertunjukan dari awal hingga akhir akan dikaloborasikan dengan teknologi tingkat tinggi. Mulai dari permainan laser, LED, hingga lighting yang didukung dengan layar dan panggung raksasa berukuran 6x32 meter persegi dengan pengarah gaya (koreorgrafer andal) Denny Malik. "Ya, kami rancang berbeda dan sesuai dengan temanya yakni Indonesia World of Wonderfull (Indonesia Wow) dan memang diperuntukkan untuk mahasiswa yang identik dengan teknologi. Termasuk musik yang lebih up beat," ulas dia.
Lanjut dia, bagi masyarakat yang ingin menonton opening, pihaknya menyiapkan sekitar 17 ribu tiket gratis dan 3 ribu tiket undangan. "Yang ingin dapatkan  tiket dapat langsung mendatangi Sekretariat Unsri di Kampus Bukti," ulas dia. "Pukul 15.00 WiB open gate dan acara dimulai pukul 19.00 WIB," katanya lagi.
Denny Malik, koreografer tarian kolosal AUG menambahkan, pada acara pembukaan hari ini pihaknya sudah melakukan persiapan sejak dua minggu lalu dan sejauh ini tidak ada masalah. "Semuanya oke dan tidak ada masalah. Paling hanya hal-hal kecil saja. Itu akan diperbaiki saat latihan terakhir besok (hari ini, red) ucap dia.
Katanya, pada opening pihaknya menonjolkan teknologi tingkat tinggi (hi-tech) dengan 80 persen teknologi dan 20 etnik (kebudayaan) dari seluruh Indonesia dan Sumsel. "Konsep menyesuaikan dengan mahasiswa yang serba-happening dan modern,"ulas dia.
Yang berbeda, tambah dia, seluruh pakaian penari yang berjumlah 600 akan menggunakan LED dan laser termasuk penyalaan obor mengunakan teknologi tinggi.  "Baju mereka (penari, red) di lengkapi baterai. Nah, pakaian tersebut akan hidup dengan berbagai warna. Konsep ini menggambarkan kehidupan mahasiswa yang futuristik, hi-techo pop dan modern," ulas dia.
Selain itu, katanya, busana pun lebih full colour yang menonjolkan era 70 atau warna-warna stabilo (terang). Ada pula berbagai tarian free stlye, parkour, shuffle, breakdance termasuk tarian kontemporer. "Semuanya akan tetap dikaloborasikan dengan teknologi tingkat tinggi yakni sinar ultraviolet dan LED yang di desain khusus," tukasnya. (yun/nan/ce2).