Kam11272014

Last update10:46:32 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Kecelakaan hingga Mobil Hancur, Pengemudi Selamat

SIDOARJO - Kecelakaan hebat terjadi di ruas tol Sidoarjo-Porong kemarin pagi. Mobil Mitsubishi Outlander terlibat benturan dengan truk trailer di Km 33-800. Mobil kecil itu remuk, namun pengemudinya selamat. 
 
Peristiwa nahas tersebut terjadi pada pukul 06.30. Saat itu Mitsubishi Outlander yang melaju kencang dari arah Sidoarjo hendak mendahului trailer melalui bahu jalan.
 
Namun, saat hampir berada di depan truk, salah satu ban bagian kiri Outlander yang dikemudikan Yugita Mulyana, 49, itu pecah.
 
Begitu ban pecah, warga Baruk Barat, Surabaya, tersebut kehilangan keseimbangan. Mobil sempat keluar dari aspal. Yugita berusaha membanting setir ke kanan agar kembali masuk ke aspal tol. Namun, dari belakang mobil langsung dihantam bumper depan trailer yang dikemudikan Sugeng Prayitno, 39, warga Tambaksari, Surabaya.
 
Outlander itu kemudian terseret hingga ke Km 33-900 dan menabrak pembatas jalan dengan posisi moncong memutar menghadap arah Sidoarjo. Trailer yang menyeret Outlander juga kehilangan keseimbangan. Kendaraan yang mengangkut kontainer itu berputar menghadap ke arah Sidoarjo, kemudian roboh menimpa Outlander hingga ringsek.
 
Yugita tak mengalami luka serius. Sementara itu, Sugeng menderita luka ringan. Junaidi, 17, kernet trailer, juga tidak menderita luka.
 
Kecelakaan tersebut mengakibatkan kemacetan luar biasa di ruas tol Sidoarjo-Porong. Ekor kemacetan dapat dirasakan hingga Km 29. Evakuasi kendaraan baru dilakukan pada pukul 08.00. Mobil derek sempat mengalami kesulitan untuk mengangkut kontainer truk yang berisi kayu. Sekitar pukul 10.00 evakuasi selesai dan lalu lintas berangsur normal. Sekitar pukul 12.00 kondisi lalu lintas benar-benar kembali normal.
 
Kasatlantas Polres Sidoarjo AKP Budi Setiyono mengatakan, pihaknya masih menyelidiki kecelakaan tersebut. "Memang ada dugaan bahwa ban Mitsubishi meletus saat hendak berbelok," katanya. Itu juga diperkuat keterangan Sugeng yang mendengar letusan ban. 
 
Berdasar hasil pemeriksaan sementara terhadap saksi, Yugita mendahului melalui bahu jalan karena di lajur kanan ada Toyota Avanza. "Kita tunggu hasil olah TKP dan pemeriksaan saksi saja," ujar Budi.(laz/c10/mas/nw)