Jum10242014

Last update11:22:42 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Kacang Hijau Baik Untuk Bumil

Kacang hijau merupakan satu dari sekian banyak jenis kacang-kacang yang memiliki  manfaat bagi kesehatan 
bila dikonsumsi.  Kacang hijau termasuk dalam jenis polongan yang biasanya diolah menjadi bahan pangan seperti  bubur, onde-onde, kumbu, kue, hingga puding. 
------------------------------------
DIKATAKAN Yenita DCN MPH, ahli gizi klinik Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, beragam macam variasi menu olahan kacang hijau mengandung  zat gizi yang baik untuk tubuh.
“Dari segi gizi, kacang hijau mengandung protein nabati yang tinggi dan mengandung asam amino essensial yang lengkap, artinya dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh. Selain itu kacang hijau juga kaya akan serat alami yang dapat membantu melancarkan  proses pencernaan,” ujarnya.
Dijelaskannya, kandungan protein pada kacang hijau sangatlah tinggi,  perseratus gram kacang hijau mengandung 7 gram protein. Namun, bila telah berubah menjadi kecambah, kandungan protein akan berkurang menjadi 3 gram perseratus gramnya. 
“Rata-rata kebutuhan protein pada orang dewasa normal itu berkisar antara 0,8 gr sampai 1 gr  per 1 kg berat badan.  Kalau berat badannya mencapai 50 kg maka protein yang dibutuhkan  50 gr. Hal ini akan berbeda pada kebutuhan protein anak-anak. Dimana anak membutuhkan 1,5 gr protein per 1kg berat badanya,”ungkapnya.
Secara lengkap Yenita menerangkan bahwa dalam 100 gram kacang hijau mengandung 7 gr protein, 19 gr karbohidrat, 0,9 mg Omega 3, 119 mg Omega 6,  159 µg asam folat,  0,2 mg Thiamin (B1), 266 mg potasium, 99 mg phospor, 0,3 mg magnesium, 1,4 mg Besi (fe), zinc 0,8 mg dan 2,5 mg Selenium.  
“Sehingga tidak salah bila kacang hijau dikatakan makanan kaya gizi, terlebih kandungan proteinnya yang baik untuk pertumbuhan dan pertumbuhan jaringan baru bagi tubuh,”ulasnya.
Selain itu, asam amino yang terkandung dalam kacang hijau berada dalam bentuk bebas yang kandungannya mudah diserap oleh tubuh. Asam amino, lanjut Yenita, berfungsi untuk pertumbuhan dan dapat mengganti jaringan tubuh yang rusak.  Asam amino juga penting untuk tumbuh kembang anak. 
“Pada program perbaikan gizi yang biasanya diadakan di posyandu, bubur kacang hijau menjadi menu andalan yang diberikan untuk membantu perbaikan gizi seorang anak” ujarnya.
Yenita juga mengatakan bahwa pada ibu hamil (bumil) juga dianjurkan untuk diberikan olahan menu kacang hijau dari trimester pertama kehamil. Hal ini mengingat kandungan baik pada kacang hijau yang bukan hanya baik untuk si ibu melainkan juga baik untuk perkembangan janin. 
Diketahui kacang hijau mengandung asam folat yang dapat membantu memaksimalkan perkembangan sistem syaraf serta mencegah bayi terlahir cacat. “Sebaiknya ibu hamil dan menyusui  dapat mengkonsumsi olahan kacang hijau secara rutin agar kesehatan tubuh dapat terjaga dengan baik,”pungkasnya. (may)