Jum09042015

Last update11:45:09 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Keutamaan Ibadah Puasa

Assalamualaikum. Ustaz yang terhormat, apakah keutamaan ibadah puasa dibandingkan dengan ibadah lainnya? Mohon penjelasan.

Sri Mastuti , Lr Serengam 1 No 328, 32 Ilir, Palembang
Jawab:
    Puasa adalah satu-satunya ibadah yang tidak dapat dimasuki riya karena tiada yang mengetahuinya kecuali Allah swt. Adapun ibadah yang lain, umpamanya salat. Adakalanya dilakukan oleh seseorang karena ingin dikatakan orang saleh, banyak ibadahnya, dan lain sebagainya.
    Demikian juga halnya dengan bersedekah karena ingin dikatakan dermawan. Atau ia berjuang karena ingin suatu kedudukan, atau ingin gelar pahlawan dan sebagainya. Akan tetapi puasa, suci daripada itu semuanya. Karena itulah Allah swt mengakui keutamaan ibadah puasa, dan erat hubungannya dengan kesucian jiwa dan keikhlasan hati. Hal ini dijelaskan di dalam hadis qudsi. Allah swt telah berfirman, “Segala amal ibadah anak Adam adalah baginya, kecuali puasa adalah bagiKu, dan Aku lah akan membalasnya.”
    Menurut Syekh Muhammad Ibrahim Al Khatib, bahwa puasa itu merupakan rahasia antara hamba dan Tuhannya. Tidak ada yang melihatnya kecuali Dia karena orang yang berpuasa, tidak seperti melakukan salat, zakat, dan haji, dapat dilakukan karena riya.
Tetapi orang yang melakukan puasa meninggalkan syahwatnya, makanan dan minumannya karena Allah semata, tidak diketahui oleh seseorang, dan itulah ”Rahasia Puasa” sehingga khusus milik Allah swt. (*/ce1)