Sel09232014

Last update10:00:16 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Kembalikan Pamor

JAKARTA - Pelajaran penting dipetik Persebaya Surabaya usai kalah telak 0-3 atas Persela Lamongan pada Indonesia Super League (ISL) 2014 sepekan lalu. Bahwa tim mana pun bisa hadirkan kejutan di kompetisi kasta tertinggi ini. Apalagi, atas kekalahan tersebut memaksa tim berjuluk Green Force harus melepaskan status penguasa Wilayah Timur kepada Mitra Kukar.

Mereka wajib konsentrasi penuh jika kondisi yang sama tidak ingin terjadi lagi di kemudian hari. Termasuk saat menjamu Persiram Raja Ampat di Gelora Bung Tomo, Surabaya, nanti sore (live Global TV 15.30 WIB). Warning ini penting karena tim berjuluk Dewa Laut datang dengan konfidensi tinggi.
Persiram belum merasakan kekalahan musim ini. Terakhir main, mereka sukses mempermalukan tuan rumah Persiba Bantul 1-0 setelah sebelumnya imbang tanpa gol dengan Persiba Balikpapan. Koleksi empat poin menempatkan mereka di peringkat kelima dengan modal empat poin.
Sementara Persebaya baru saja alami kekalahan 0-3 dari Persela. Kekalahan itu membuat posisi Persebaya melorot ke peringkat ketiga dengan 6 poin dari sekali tumbang dan dua kali menang. Jika bisa atasi Persiram, mereka bisa kuasai klasemen sementara lagi. Saat ini Mitra Kukar pimpin klasemen Wilayah Timur dengan koleksi 7 poin dari empat laga.
"Kekalahan dari Persela itu bukan akhir dari segalanya karena semua tim besar di dalam dan luar negeri juga pernah merasakan kekalahan seperti ini. Kini, bagaimana kami bangkit. Perjalanan masih panjang. Terpenting bagaimana kami kembali ke trek yang benar dan kuasai klasemen lagi untuk mengejar happy ending," jelas pelatih Persebaya Rahmad Darmawan.
Jika sudah begini, pertandingan di Gelora Bung Tomo pasti seru. Persebaya mencari korban sebagai pelampiasan atas kekalahan dari Persela. Kemenangan di partai ini akan memperbaiki pamor Persebaya yang dijagokan juara musim ini
Namun, Persiram dipastikan tidak tinggal diam. Mereka juga pasti ingin menyodok ke papan atas. Apalagi, pelatih Gomes de Oliviera pasti memiliki misi khusus di partai ini. Musim lalu, dia harus nganggur di tengah jalan setelah dipecat oleh tim asal Jawa Timur lainnya, yakni Persela Lamongan, karena dianggap tidak mampu angkat performa tim.
"Kemenangan Persela atas Persebaya jelas memotivasi saya untuk melakukan hal yang sama saat lawan Persebaya besok (hari ini). Tapi, saya akui Persebaya bukan tim jelek. Mereka tim kuat dengan materi bagus dan berpeluang juara," ungkap Gomes. (kmd/ce6/ndy)

Perkiraan Pemain:
Persebaya (3-5-2): 12-Ferry Rotinsulu (g); 25-Manahati, 44-Kughegbe, 4-Salampessy; 59-Hasyim Kipauw, 30-Nzekou, 22-Fandi Eko, 29-Ambrizal, 26-Alfin; 10-Greg Nwokolo, 55-Kenmogne
Pelatih: Rahmad Darmawan

Persiram (4-4-2): 1-Deny Marcel (g); 13-Marko Kabiay, 8-Kubay Quaiyan, 12-Leonard Tupamahu, 26-Ortizan Solossa; 88-Kristian Uron, 5-Imanuel Padwa, 14-Mbida Messi, 7-Gideon Way; 10-Osas Saha, 28-Steven Imbiri
Pelatih: Gomes de Oliviera