Jum07032015

Last update04:57:02 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Pengamat Transportasi: Tol Cipali Diperkirakan Banyak Makan Korban

JAKARTA - Pengamat Transportasi, Agus Pambagio memprediksi Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) bakal banyak memakan korban jiwa. Sebab, baru seminggu dioperasikan, tol terpanjang di Indonesia itu sudah memakan dua korban jiwa dan delapan kecelakaan.

Menurutnya, kelelahan pengemudi menjadi pemicu utama terjadinya kecelakaan. Terlebih, pengemudi di Indonesia tidak terbiasa dengan jalan tol yang sangat panjang.  

"Saya perkirakan tol Cipali akan banyak makan korban. Lihat saja nanti. Karena apa, jalurnya sangat panjang, orang jadi  kelelahan dan ngantuk lantas kehilangan fokus dan keseimbangan," ungkap Agus saat dihubungi JPNN.com, Senin (22/6).

Karena itu, dia mengimbau agar pengendara lebih hati-hati dan meningkatkan kewaspadaan bila melewati jalur tol Cipali. Agus menganjurkan, bila pengendara lelah, sebaiknya memilih untuk beristirahat.

"Ya itu tadi yang saya bilang, pengemudi di Indonesia ini enggak terbiasa mengemudi di jalur yang panjang. Kalau lelah, ya sudah lebih baik istirahat saja. Di sini kan enggak, liat jalan lurus main hajar saja," sebutnya. (chi/jpnn)