Sel09012015

Last update05:15:05 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Upaya Pelindo II Atasi Dwelling Time

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II terus berupaya mengatasi masalah dwelling time atau waktu tunggu bongkar muat di pelabuhan. Dalam waktu dekat,

perseroan akan melakukan soft launching New Priok Port Container Terminal I. Itu merupakan terminal kontainer kelas dunia bekerjasama dengaan pengelolaan pelabuhan Mitsui Co.Ltd.

"Kami bantu untuk percepatan dwelling time dengan adanya pelabuhan baru di Tanjung Priok. Semua peralatan sudah ada di pelabuhan. Diharapkan akhir tahun ini sudah bisa dioperasikan," ujar Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha PT Pelindo II Saptono R Irianto dalam siaran persnya, Senin (22/6).

Selain itu, perseroan juga melibatkan enam instansi pemerintah terkait yang merupakan proses lintas sektoral di pemerintahan selain luar Pelindo II. Upaya tersebut diyakini bisa mempercepat proses waktu bongkar muat di pelabuhan yang selama ini tak kunjung tuntas.

"Diperlukan koordinasi yang melibatkan enam instansi pemerintahan. Misalnya, kewenangan untuk mengeluarkan barang yang ada dalam terminal dipegang oleh pemilik barang serta Bea Cukai, tentu setelah memenuhi seluruh kelengkapan administrasi yang diperlukan," tandas Saptono. (chi/jpnn)