Jum08292014

Last update02:12:58 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Sah, Coblos di Garis Antara Dua Caleg

PALEMBANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan pihaknya menjamin hak suara pemilih yang telah datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada pemilihan legislatif (pileg) 9 April mendatang. Bahkan, bagi masyarakat yang memilih

dua caleg dalam satu partai tetap dianggap sah menjadi suara partai.
“Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 26 Tahun 2013 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara di TPS dalam Pemilu DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan Kabupaten/Kota Pasal 48 ayat (3). Mencoblos dua caleg tetap sah suaranya, asalkan yang dicoblos dalam satu partai dan menjadi suara partai,” kata Komisioner KPU Sumsel Divisi Teknis dan Data, Liza Lizuarni kepada Sumatera Ekspres, kemarin.
Berbeda pada 2009 lalu yang mana mencoblos lebih dari dua calon dianggap tidak sah. Tahun ini, KPU menghargai semangat memilih masyarakat dengan mendatangi TPS untuk menyalurkan hak suara. “Untuk yang mencoblos di garis antara dua caleg dalam satu partai tetap sah juga. Tapi suaranya menjadi milik partai,” paparnya.
Selain itu, lanjut mantan anggota Panwaslu Prabumulih ini, suara juga dianggap sah jika mencoblos beberapa caleg dan parpol sebagai suara parpol. Sedangkan mencoblos parpol dan caleg suara sah menjadi suara caleg. “Suara parpol tetap dijumlah dengan suara total seluruh caleg untuk mencapai bilangan pembagi pemilih (BPP). Jika parpol berhak satu kursi, maka tetap yang memeroleh suara terbanyak terpilih,” ungkapnya,
Sementara untuk DPD, maka surat suara dinyatakan sah untuk calon anggota DPD bila tanda coblos terdapat pada kolom yang memuat nomor urut dan nama calon anggota DPD. “Sama halnya dengan DPD, suara terbanyak yang pertama, kedua, ketiga, dan keempat yang berhak mendapatkan kursi terpilih,” pungkasnya. (mik/ce5/ndy)