Back Anda disini: Home

Artikel

Longsor Landa Tiga Kecamatan

PAGARALAM- Hujan deras yang mengguyur Kota Pagaralam sejak Sabtu (5/4) malam hingga Minggu (6/4) pagi menyebabkan terjadinya longsor di tiga kecamatan sekaligus.

Yakni di Dusun Gunung Agung Tengah RT/RW 08/03 Kelurahan Agung Lawangan Kecamatan Dempo Utara, Dusun Dempo Rejo RT/RW 09/03 Kelurahan Dempo Makmur Kecamatan Pagaralam Utara, dan di RT 02/RW03 Kelurahan Gunung Dempo Pagaralam Selatan.

Kendati tidak menyebabkan korban jiwa, namun peristiwa tersebut membuat warga di tiga kecamatan menjadi panik.

Bahkan, longsor yang terjadi di Dusun Gunung Agung Tengah Kelurahan Agung
Lawangan, Kecamatan Dempo Utara, membuat rumah milik Sadri (45) mengalami kerusakan yang cukup parah. Dinding rumah tersebut jebol karena tertimpa longsoran tanah disertai luapan air.

Longsor yang juga membuat sejunlah rumah warga lainnya yakni Hasan (57) dan Mikri (40), kemasukan lumpur bercampur tanah yang memiliki ketebalan kurang lebih 30 cm.

“Pada saat peristiwa terjadi, terdengar seperti ada suara bergemuruh. Sesaat kemudian, luapan air tampak merembes dan menjebol dinding rumah saya ini. Kontan saja kami ketakutan dan lari keluar,” kata Sadri.

Terpisah Camat Dempo Utara Bahrul Hidayat didampingi Lurah Agung Lawangan Frans Lesmana yang langsung terjun ke lokasi menegaskan pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dari Dinas Pekerjaan Umum (PU).

“Tahap awal adalah memberikan penanganan secara cepat. Jika ada rumah warga yang rusak, kita langsung usulkan untuk mendapatkan bantuan. Sementara, untuk jalan yang tertutup lumpur, kita mintakan bantuan alat berat dari PU agar cepat dibersihkan,” ujarnya.