Jum09042015

Last update11:30:17 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Tari Piring Belatih Muratara

MURATARA- Minimnya seni dan kebudayaan yang berkembang di Kabupaten Muratara, membuat sejumlah tradisi dan kesenian yang berkembang merupakan adopsi dari daerah lain. Seperti tarian piring belatih yang kerap ditampilkan oleh masyarakat setiap kali acara pementasan atau penyambutan tamu.
 
Menurut Imas, pengajar seni tari di Muratara, tari piring merupakan kesenian asli dari daerah Solok, Sumatera Barat.  Masuknya seni tarian tersebut berasal dari sejumlah para pedagang yang datang dari Sumatera Barat dan menetap di Kabupaten Muratara.
 
"Kalau aslinya cuma tari piring saja, tanpa berlatih. Tapi disini diganti pisau biar lebih mudah dan tetap kelihatan unik," ungkapnya, Sabtu (20/6).
 
Menurutya, seni tari piring belatih ini dapat dipelajari siapa saja dengan singkat. Menurutnya, tingkat kesulitan tari piring belatih yang di tampilkan oleh masyarakat di Muratara tidak seperti pada tarian piring aslinya.
 
"Kalau yang asli mesti menari diatas beling, tapi disini diganti dengan pisau tumpul. Sedangkan. piringnya hanya dijadikan hiasan di sekitar penari dan sekali-sekali diinjak," ungkapnya. (Cj13)
 
Baca selengkapnya di Harian Sumatera Ekspres Minggu (21/6).