Back Anda disini: Home

Artikel

Lebih Oke tanpa Balotelli

       PALERMO -  Dua kemenangan dan belum pernah kebobolan. Itulah catatan impresif yang ditorehkan Antonio Conte setelah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Italia pasca-Piala Dunia 2014.  Conte pun dianggap berhasil mengembalikan kepercayaan diri serta rasa bangga pemain terhadap Gli Azzurri, julukan Timnas Italia. 
       "Kami sekarang merasa bangga dan terhormat mengenakan seragam ini (kostum Italia)," kata Ciro Immobile, bomber Timnas Italia kepada Sky Sports.    "Saya tidak menemukan hal ini dari sebelas pemain yang tampil di Brasil (Piala Dunia 2014).  Itulah yang diinginkan Conte sejak awal dia menangani tim ini.  Dia telah memulihkan kebanggaan kami," papar bomber Borussia Dortmund itu. 
       Conte membuat debut meyakinkan dengan menaklukkan Belanda 2-0 pada 5 September lalu.  Norwegia yang menjadi lawan kedua juga ditaklukkan dengan skor yang sama.  Nah, masa bulan madu Conte bersama Italia diyakini bakal berlanjut dini hari nanti. Yakni saat Gianluigi Buffon dkk menjamu Azerbaijan pada matchday kedua grup H kualifikasi Euro 2016 di Renzo Barbera, Palermo dini hari nanti.   Sebab, selain bertindak sebagai tuan rumah, secara kualitas Azerbaijan memang bukan tandingan Italia. 
       Conte juga tetap tidak menyertakan bomber bengal Mario Balotelli dalam skuatnya.  Keputusan Conte terbukti tepat.  Tanpa Balotelli, kinerja lini depan Italia justru makin meningkat. Gli Azzurri yang hanya bisa melesakkan dua gol di Piala Dunia 2014, justru bisa mencetak empat gol di dua laga awal kepelatihan Conte.  Anggapan bahwa Italia lebih hot tanpa Balotelli juga dibenarkan oleh Immobile.
       "Balotelli? Ada striker lain di sini yang bisa bermain lebih baik," ujar Immobile kepada Football Italia. "Saat ini banyak pemain dengan kualitas hebat yang ada di timnas. Jika mereka berada di sini, itu karena mereka memang pantas untuk menjadi bagian dari tim ini," tegasnya.
       Menurut Immobile, dia tidak tahu persis alasan apa sehingga Conte tidak lagi membutuhkan jasa Balotelli. Namun, sejumlah media di Italia menyebutkan bahwa, performa Balotelli memang terus menurun, baik ketika masih berkostum AC Milan maupun setelah bergabung dengan Liverpool.   
    "Padahal, saya sangat tahu Mario (Balotelli, red) dengan baik. Dia adalah orang baik, tapi pelatih punya pertimbangan tersendiri," timpal top scorer Serie A Liga Italia musim lalu itu.  Pada laga dini hari nanti, Conte akan memainkan formasi 3-5-2.  Duet Immobile dan Simone Zaza akan menjadi andalan di lini depan. Andrea Pirlo yang sudah pulih dari cedera pinggul, akan kembali menjadi jenderal lapangan tengah.  (dik/bas/nan/ce5)

Perkiraan pemain
Italia (3-5-2): 1-Buffon (g/c), 13-Ranocchia, 19-Bonucci, 3-Chiellini; 6-Candreva, Marchisio, 21-Pirlo, 16-Rossi, 20-Sciglio; 7-Zaza, 9-Immobile
Pelatih: Antonio Conte

Azerbaijan (4-1-4-1):1- Agayev (g), 4-Shukorov, 14-Sadigov, 6-Guseynov, 20-Budak; 2-Qarayev; 10-Dadashov, 16-Huseynov, 19-Amirguliyev", 17-Nadirov; 11-Aliyev
Pelatih: Berti Vogts