Min07052015

Last update05:02:02 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Tuding Pemerintah Australia Hapuskan Program Riset Hiu

Partai Buruh di Australia Barat menuding pemerintah negara bagian itu berencana menghapuskan program riset penandaan hiu riset kelas dunia yang telah berlangsung sejak tahun 2009 lalu.
 
Anggota senat dari Partai Hijau, Lynn MacLaren mengatakan Pemerintah Australia Barat berencana memotong anggaran Dinas Perikanan ke titik di mana penelitian hiu yang sedang dilakukan yakni Program Monitoring Jaringan Hiu (SMN) akan terancam kelanjutannya di masa depan.
 
MacLaren khawatir pemotongan itu akan menyebabkan program ini tidak mampu lagi mempekerjakan staf untuk melakukan penandaaan baru pada hiu bulanJuli mendatang, selain itu muncul juga keraguan tentang siapa yang akan melakukan pemeliharaan pada jaringan penerima sinyal yang mahal harganya itu di masa depan.
 
"Kami benar-benar prihatin," katanya.
 
"Ada rencana pemangkasan anggaran yang dramatis untuk pos gaji  staf yang bekerja pada jaringan itu." katanya
 
"Pemerintah Barnett telah membuang begitu saja jutaan dolar uang pembayar pajak yang telah disalurkan pada program tersebut dengan sia-sia, dan sekarang mereka akan menghentikan program keilmuan yang akan memberi kita bukti bagaimana mengelola risiko serangan hiu di lepas pantai.
 
"Mereka telah memotong anggaran perikanan ke titik yang benar-benar dapat merusak riset hiu kelas dunia kita,"
 
Menurut situs SharkSmart  milik pemerintah Australia Barat, proyek yang dimulai pada tahun 2009 untuk bertujuan untuk melihat apakah dimungkinkan untuk memantau pergerakan hiu putih yang telah diberikan penanda di perairan Perth dan menggunakan teknologi baru yang terhubung dengan satelit  sebagai sistem peringatan dini ketika hiu-hiu itu berenang dekat mendekati pantai populer yang banyak dikunjungi warga dan wisatawan.
 
Website itu mengatakan tahap kelayakan proyek ini mengklaim saat ini ada lebih dari 80 hiu yang telah dilengkapi dengan tag.
 
Dikatakan situs itu kalau Pemerintah Australia Barat berkomitmen untuk menyuntikan tambahan dana senilai $2,5 juta untuuk memperluas proyek ini sampai Juli 2015, menyusul keberhasilan uji coba kelayakan di lepas perairan Perth antara tahun 2009 dan 2011.
 
"Monitoring Jaringan Hiu ini menyediakan peringatan keselamatan yang penting bagi publik yang dapat membantu menyelamatkan nyawa warga  di Australia Barat," kata situs itu.
 
Kantor Menteri Perikanan Ken Baston mengarahkan seluruh pertanyaan mengenai rencana pemotongan anggaran ini kepada  Departemen Perikanan.
 
Departemennya menolak dikaitkan dengan pertanyaan seputar alokasi anggaran untuk kelangsungan dana bagi para staf pada jaringan tersebut yang akan melakukan penandaan dan pemeliharaan itu.
 
Direktur Layanan Regional Departemen itu, Bruno Mezzatesta mengatakan pemantauan Jaringan Shark akan tetap beroperasi.
 
Menurutnya dana untuk program penelitian ini akan ditentukan pada akhir bulan ini dan laporan penelitian ini akan dirilis akhir tahun 2015.