Back Anda disini: Home

Artikel

Masih Layak Konsumsi

EMPAT LAWANG - Air Sungai Musi di wilayah Empat Lawang masih tergolong bersih dan layak untuk dikonsumsi. Selain itu, air sungai belum tercemar dari limbah-limbah industri berbahaya.


Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Empat Lawang, Darno Bakar mengatakan, dari hasil uji kelayakan beberapa tahun terakhir, air Sungai Musi masih tergolong bersih dan layak dikonsumsi.

"Namun air sungai harus dimasak minimal 100 derajat celcius atau sampai mendidih dulu. Lebih baik lagi jika airnya disaring dulu sehingga terhindar dari kotoran-kotoran," kata Darno, Selasa (7/10). 

Lanjutnya, limbah-limbah di Sungai Musi merupakan limbah rumah tangga dan sampah-sampah saja. Biota sungai juga belum terganggu dan masih dalam  kondisi normal. Walaupun Sungai Musi saat ini cukup dangkal, pengurangan debit air tidak berpengaruh banyak terhadap kebersihan airnya.

"Aliran air sungai masih cukup deras sehingga mampu membuang kotoran-kotoroan. Tapi kami menghimbau kepada warga untuk tetap menjaga kebersihan sungai, jangan buang dan menebar racun ikan di sungai," pungkasnya. (eno)