Back Anda disini: Home

Artikel

Olga Lydia Anti Bajakan

Artis cantik Olga Lydia mengaku kesal dengan pemerintah yang terkesan membiarkan para pedagang DVD (digital versatile disc) bajakan bebas berjualan. Itu berbeda dengan kondisi di negara tetangga yang menerapkan sanksi berat bagi penjual DVD bajakan. 

"Pemerintah seharusnya kampanye mengimbau masyarakat supaya jangan beli DVD bajakan. Itu bagian dari perbaikan akhlak bangsa. Kita harus mulai dari sekarang," ujar perempuan 37 tahun tersebut.

Olga menilai masyarakat terkesan "biasa saja" jika membeli DVD bajakan. Meskipun mereka membeli secara sah, tidak mencuri, isi DVD tersebut merupakan produk curian.

"Saya nggak pernah beli yang bajakan karena itu isinya curian. Kita harus menghargai orang lain. Masak kita ngefans sama penyanyi tapi kita curi lagunya, kan lucu," katanya.
 
 Menurut dia, yang paling penting untuk memberantas DVD bajakan adalah penegakan hukum. Di beberapa negara tetangga, DVD bajakan sangat jarang dijumpai karena sanksi bagi pengedarnya sangat berat. "Kalau karya kita dibajak itu sedih banget. Gara-gara banyak bajakan itu, (DVD asli) harus banting harga atau kasih voucher supaya bisa laku," kata Olga. (wir/c10/ca)