Back Anda disini: Home

Artikel

Formasi 3-5-2 Belanda Memang Mematikan

SALVADOR - Timnas Belanda menuai hasil memuaskan pada laga perdana Piala Dunia 2014. Tim Oranye, julukan Belanda mampu menekuk juara bertahan Spanyol dengan skor telak 5-1 (1-1) pada laga pertama Grup B di Arena Fonte Nova, Salvador, Sabtu (14/6) dini hari WIB.

Kemenangan Belanda terasa sangat sensasional. Sebab, Robin Van Persie dkk sebenarnya sempat tertinggal setelah Xabi Alonso mampu mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-27.

Namun, kejeniusan pelatih Louis Van Gaal akhirnya menjadi pembeda. Pria yang akan menukangi Manchester United musim mendatang itu mampu membuat strategi mematikan, yakni 3-5-2.

"Jika Van Persie tak mencetak gol sebelum babak pertama, saya akan kembali menggunakan formasi 4-3-3," terang Van Gaal sebagaimana dilansir laman BBC.

Van Gaal menambahkan, anak asuhnya sudah mengasah formasi 3-5-2 itu dengan baik dalam masa persiapan. Menurut Van Gaal, formasi lawas Belanda tak akan cukup mengalahkan Spanyol.

"Kami memainkan sistem ini karena saya yakin kami tak cukup bagus untuk mengalahkan Spanyol dengan formasi 4-3-3. Kami sudah melatihnya dengan maksimal," tegas Van Gaal. (jos/jpnn)