Sen09152014

Last update10:50:18 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Cuma Butuh "Satu Langkah"

 BARCELONA- Rider jagoan Movistar-Yamaha Jorge Lorenzo nyaris terlupakan dalam persaingan grid depan di kelas premium. Tapi GP Italia mengingatkan kembali kesangaran salah satu Alien MotoGP itu. Duel klasiknya dengan Marc Marquez (Repsol Honda) membuktikan talentanya masih mumpuni, setelah mengalami banyak kesulitan di awal musim.
    Juara dunia dua kali MotoGP itu hanya mencicipi dua kali podium dari enam seri sejauh musim ini. Posisinya saat ini masih tercecer di urutan keempat klasemen dengan 65 poin. Selisihnya sangat jauh dengan Marquez yang menorehkan poin sempurna 150 dan 32 poin di belakang rekan setimnya Valentino Rossi.
     Meski gagal memenangi pertarungan dengan Marquez di tujuh lap terakhir di Mugello, posisi runner up di GP Italia memberinya kepercayaan diri berlebih jelang seri Catalunya akhir pekan ini. "Aku bertarung dengan maksimal di Mugello. Aku merasa lebih kuat dan bisa melakukan hal hebat," ungkap Lorenzo, yang secara fisik masih belum fit pasca operasi musim dingin lalu dan terus beradaptasi dengan ban versi 2014.
    Lorenzo mengaku fisiknya sudah jauh lebih baik dari seri-seri sebelumnya. Ditambah timnya telah menemukan setingan ban yang cocok dengan M-1 tunggangannya. "Dan andai saja kami bisa satu langkah lagi lebih maju dengan motorku di Catalunya nanti, ditambah kondisi fisikku yang sudah pulih, kami yakin akan bertarung lagi untuk merebut kemenangan," yakinnya.
    Akhir pekan ini, targetnya tetap podium. Capaian yang sangat mungkin diraihnya, karena tahun lalu, dialah jawara di GP Catalunya. Sementara rivalnya, Marc Marquez, hanya finis ketiga di belakang rekan setimnya Dani Pedrosa.
    Empat kali victory di Barcelona dan tiga di antaranya di kelas MotoGP, membuat Lorenzo memegang rekor rider Spanyol tersukses di sirkuit ini. "Tahun lalu, kami mampu menemukan setingan bagus untuk balapan di sini dan aku ingat kami menang di depan dua rival kami," kenangnya.
    Tahun ini, Lorenzo berharap suntikan semangat fans di Barcelona akan mendorongnya lebih kuat untuk berduel dengan siapapun yang ada di depan. Termasuk dengan koleganya, Valentino Rossi, satu-satunya rider Italia di tengah kepungan pembalap tuan rumah di grid depan.
    Rossi kini berada di urutan kedua klasemen dengan selisih 53 poin dari Marquez. Di bawahnya ada Dani Pedrosa yang hanya terpaut satu poin dengannya. Perebutan posisi kedua bakal seru di Catalunya. "Aku senang di Barcelona, apalagi setelah race terbaik di Mugello dimana dua Yamaha berdiri di podium," katanya.
    Seperti halnya, rider tuan rumah, The Doctor juga menyukai sirkuit di Montmelo. "Aku tahu untuk untuk berduel dengan Jorge dan Marc aku harus memberikan yang terbaik sejak dari sesi latihan pertama," paparnya dilansir Crash. "Aku akan mengerahkan seluruh kemampuanku agar bisa bertarung dengan mereka sekali lagi," janjinya.    
      Rossi adalah rider paling sukses di Catalunya, dengan sembilan kemenangan, termasuk enam di antaranya di kelas premium. Tapi tahun lalu, dia hanya finis keempat di belakang Lorenzo, Pedrosa, dan Marquez.(cak)