Back Anda disini: Home

Artikel

Bekal Kuda Hitam

SALVADOR - Di grup B bercokol dua finalis Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Yakni, Spanyol dan Belanda. Dua tim lainnya adalah Cile dan Australia. Di antara dua tim terakhir, Cile lebih berpeluang menjadi kuda hitam dan membuat kejutan. Kebetulan, kedua tim bertemu dalam laga pertama. Karena itu, laga yang berlangsung di Arena Pantanal, Cuiaba, dini hari nanti, sangat krusial.
Penyerang Timnas Cile, Mauricio Pinilla bahkan merasa tidak sabar menunggu laga itu. ”Kami bakal bermain layaknya menghadapi tim besar,” kata pesepak bola yang bermain di klub Serie A Italia Cagliari tersebut.
Menurut dia, performa Australia yang diasuh pelatih asal Yunani, Ange Postecoglou, mengalami peningkatan yang lumayan besar. Kemenangan atas Australia bisa menjadi bekal positif sebelum menghadapi dua tim favorit, Belanda dan Spanyol. ”Kami akan bermain seakan mereka adalah lawan terkuat kami,” ujarnya.
Cile bisa berharap kepada dua bintangnya, Alexis Sanchez dan Arturo Vidal. Di pundak dua pemain itulah, mereka berharap kemenangan atas The Socceroos. Namun, kabar terakhir Vidal diperkirakan tidak akan tampil karena mengalami cedera saat latihan. ”Hari ini kami berbicara tentang Australia. Selanjutnya, Anda melihat yang terjadi. Kami tentu tak mau mendapat kekalahan dari mereka,” terang Pinilla.
Menurut striker berusia 30 tahun itu, timnya terus mematangkan strategi demi meraih poin penuh. ”Yang menjadi fokus kami saat ini adalah meningkatkan permainan tim dari hari ke hari menjelang laga perdana itu,” ungkapnya.
Sementara itu, Postecoglou kepada The Guardian menyebutkan bahwa timnya berharap berada dalam jalur yang benar saat melawan Cile nanti. ”Sangat penting bagi kami berada dalam jalur yang benar. Dalam setiap sesi latihan kami telah berusaha menujuk proses perbaikan,” terangnya.
Sejumlah strategi pun tengah disiapkan pelatih 48 tahun itu. Postecoglou menjelaskan, timnya akan memperkuat barisan tengah, dia mencoba beberapa variasi materi pemain. Tommy Oar, yang biasanya menempati posisi sayap kiri akan diturunkan sebagai playmaker. Sedangkan Matthew Leckie akan bermain sedikit melebar.
Selanjutnya di posisi lini depan dia menyatakan bakal merubah kombinasi trisula The Socceroos dalam tiga laga di grup B. ”Jika kami bisa menerapkan strategi tersebut di lini tengah dan depan. Lawan akan kesulitan membaca permainan kami,” tegasnya. (nap/ego/ce5)