Min07052015

Last update07:38:03 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Pelindo dan TNI-AL Gelar Program Mudik Gratis Angkut Motor

JAKARTA - Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II dan III bersama TNI-AL bekerjasama dalam program Mudik Gratis Sepeda Motor Angkutan Laut Lebaran Tahun 2015. Mudik gratis untuk pesepeda motor ini merupakan program tahunan yang dikoordinasikan dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).
 
"Salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan ialah dengan memfasilitasi mudik gratis dengan mengangkut sepeda motor pemudik secara kolektif menggunakan truk atau kapal laut," ujar Kepala Humas Pelindo III Edi Priyanto dalam siaran persnya, Senin (29/6).
 
Edi menjelaskan, dalam program mudik gratis kapal laut, TNI-AL mengerahkan dua armadanya. Yakni, KRI Surabaya-591 dari unsur Koarmatim Surabaya dan KRI Banda Aceh-593 dari Kolinlamil Jakarta.
 
Adapun KRI Surabaya melayani rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-PelabuhanTanjung Perak Surabaya dengan kapasitas angkut 1.250 unit sepeda motor dan 1.500 orang pemudik.
 
Sementara, KRI Banda Aceh untuk rute Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta-PelabuhanTanjung Emas Semarang dengan kapasitas angkut yang sama. Yakni, 1.250 unit sepeda motor dan 1.500 orang pemudik. "Kedua kapal tersebut akan melayani arus mudik dan arus balik," tutur Edi.
 
Nantinya, KRI Surabaya akan berangkat pada 11 Juli pukul 17.00 WIB dan kembali dari Surabaya untuk arus balik pada 21 Juli pada pukul 17.00 WIB. KRI Banda Aceh berangkat ke Semarang pada 13 Juli pukul 16.00 WIB dan kembali dari Semarang pada 24 Juli pada pukul yang sama.
 
Pendaftaran program ini dilaksanakan secara kolektif di Kolinlamil yang selanjutnya diserahkan kepada Kementerian Perhubungan/Otoritas Pelabuhan. (chi/jpnn)