Back Anda disini: Home

Artikel

Kegempaan Gunung Api Dempo Nihil

AKTIVITAS GUNUNG NORMAL - Mulyadi, staf pemantau gunung api Dempo sedang mengamati alat seismograf yang menunjukkan aktivitas gunung normal. foto:Almidiansyah/Sumeks.

PAGARALAM - Aktivitas kegempaan Gunung Api Dempo (GAD) terpantau terus mengalami penurunan, bahkan nihil. Kegempaan selama dua pekan terakhir pada Oktober 2014 tidak menunjukkan tanda-tanda akan ada erupsi.
            Staf Pos Pemantau Gunung Api Dempo, Mulyadi mengatakan, untuk kegempaan gunung terpantau nihil. Meski demikian, dari rekapitulasi data rekaman kegempaan di Seismograf Pos Pemantau Gunung Api Dempo, kelurahan Dempo Makmur, kecamatan Pagaralam Utara hanya terjadi satukali tektonik jauh, tentunya bukan berasal dari gejolak aktivitas Gunung Dempo.
           "Fenomena tidak adanya aktivitas kegempaan, tentunya berbanding terbalik dengan yang terjadi pada beberapa gunung api aktif di daerah lainnya yang saat ini terus bergolak, salah satunya gunung Sinabung di Sumatera Utara dan gunung Slamet di Jawa Tengah," katanya.
           Meski kondisi kegempaan kecenderungan mengalami penurunan dalam kurun waktu dua pekan terakhir, kedepan belum dapat dipastikan untuk menentukan kondisi kegempaan, apakah masih mengalami penurunan atau sebaliknya.
          "Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung hingga kini masih menetapkan status gunung api Dempo berada di level I atau normal saja," terangnya.
          Berdasarkan rekapitulasi laporan selama Oktober 2014, disebutkan, pagi dan sore gunung Dempo tidak tampak jelas, sering diselimuti kabut asap.
"Selama dua pekan terakhir, pesawat seismograf PS-2 mencatat kegempaan hanya terjadi sebanyak 1 kali tektonik jauh, sedangkan low frekuensi nihil, hembusan nihil, dan tremor nihil," jelasnya seraya menambahkan, dari hasil pengamatan secara visual dan seismik selama September 2014 menyimpulkan, merapi GAD saat ini statusnya normal atau level I.
           Dari hasil rekapitulasi laporan bulanan dapat disimpulkan sekaligus diinformasikan, kondisi gunung api Dempo sementara ini aman, terutama untuk pendakian.
           "Meski demikian, diimbau kepada para pendaki diharapkan dapat menjaga kelestarian ekosistem alam, tidak membuang sampah sembarangan dan bersama-sama menjaga alat pemancar seismograf di puncak Gunung Dempo, demi keselamatan masyarakat Pagaralam," imbaunya. (ald)