Sen07062015

Last update11:54:49 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

PDIP Dianggap Paling Siap Hadapi Pilkada

JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Haryadi menilai PDI Perjuangan merupakan partai yang paling siap dalam menghadapi pemilihan kepala daerah tahun ini. Menurutnya, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu punya raca percaya diri yang tinggi dalam menghadapi pilkada serentak yang digelar 9 Desember nanti.
 
Haryadi mengatakan, PDIP sebagai partai utama penyokong pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla saat ini memang harus mampu memenangi mayoritas pilkada. “Jika PDIP memenangi pilkada serentak di banyak daerah, maka dengan sendirinya akan lebih menjamin koordinasi dan efektivitas pemerintahan nasional yang dipimpin oleh presiden dari PDIP Perjuangan,” ujar Haryadi dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/9).
 
Ia lantas menyinggung sekolah partai yang diadakan PDIP untuk kader-kadernya yang akan diusung di pilkada serentak. Sekolah partai yang digelar di Jakarta mulai Minggu (28/6) dan akan berakhir pada Jumat (3/7) itu merupakan salah satu bukti PDIP paling siap dan serius menyongsong pilkada.  
 
Haryadi menilai sekolah partai ala PDIP merupakan cara yang realistis untuk memastikan kader-kadernya benar-benar layak diusung sebagai calok kepala daerah maupun wakilnya. Sebab, keseriusan PDIP itu menjadi isyarat bahwa calon kepala daerah yang diusung melalui partai berlambang kepala banteng itu memang berpeluang menang.
 
“Siapapun pasangan yang diusung atau didukung oleh PDIP pasti akan menjadi pasangan calon yang paling diperhitungkan di setiap daerah yang menggelar pilkada serentak 2015," ulasnya.
 
Haryadi bahkan menyebut sekolah partai ala PDIP itu patut mendapat acungan jempol. Pasalnya, PDIP tidak semata-mata berupaya memenangi pilkada tetapi juga memastikan ideologi partai benar-benar dipahami oleh kader-kadernya yang diusung menjadi calon kada.
 
“Sekolah politik ini memang model baru dalam perjuangan mengoptimalkan kemenangan. Ini juga akan mengukuhkan komitmen calon terhadap prinsip-prinsip partai. Cara PDIP ini patut diacungi jempol dan pasti akan menjadi inspirasi bagi partai-partai yang lain," pungkasnya.(ara/jpnn)