Sen08312015

Last update01:58:32 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Arsitek Ini Bangun Kantor dari 8.500 Botol Bir

TIONGKOK cukup dikenal dengan keragaman arsitektur berkelas dunia. Di wilayah Chongqing, kini muncul seni merancang konstruksi bangunan 
nan unik.
 
Adalah Li Rongjun, yang ingin menunjukkan bahwa dirinya berbakat. Lulus dari perguruan tinggi dengan predikat insinyur, dia membangun sebuah kantor. Bukan gedung perkantoran biasa, melainkan sebuah bangunan yang terbuat dari botol bir. 
 
Pengerjaan kantor mungil milik Li itu dimulai lebih dari empat bulan lalu. Dia membangun gedung seluas 29 meter persegi di Desa Lanya, Chongqing, Tiongkok, dengan dibantu ayahnya. 
 
Keseluruhan bangunan menghabiskan 8.500 botol bir yang direkatkan dengan semen, pasir, dan kerikil. Li dan ayahnya merogoh uang CNY 70 ribu (Rp150,5 juta) untuk menyelesaikan bangunan dua lantai tersebut.
 
Ayah Li mengungkapkan bahwa sang anak sangat detail dalam membangun kantor botol bir itu. "Dia membangun ulang beberapa kali ketika melihat ada dinding yang tidak cukup rata," ujarnya. 
 
Kantor milik Li akhirnya selesai bulan lalu. Itu adalah proyek pertamanya sejak dia lulus dari Universitas Sains dan Teknologi Inner Mongolia awal tahun ini. Lantai pertama bangunan milik Li tersebut berbentuk persegi, sedangkan lantai kedua menyerupai angka enam. 
 
Masing-masing lantai memiliki tinggi 2,8 meter yang terdiri atas 40 susunan botol bir. Hasil karya Li itu membuat penduduk berdecak kagum. 
 
"Bangunan ini lebih indah saat sore, ketika gedung ini tampak berkilau diterpa cahaya," ujar Li Yan, salah seorang penduduk setempat. 
 
Li berencana untuk memperbesar kantornya tersebut. Dia juga berharap ada investor yang melihat dan tertarik. Dengan begitu, dia bisa memulai bisnisnya di bidang desain konstruksi. "Saya memiliki tujuan untuk membangun gedung dengan gaya yang unik dan artistik," kata Li. (mirror/shanghaiist/sha/c7/ami/adk/jpnn)