Back Anda disini: Home

Artikel

Melepas Kontingen Garuda

JAKARTA-Panglima TNI Jenderal Moeldoko melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-G/United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, kemarin.

Pelepasan Satgas ini untuk ketujuh kalinya, setelah Dewan Keamanan PBB memperpanjang mandat tugas UNIFIL hingga 31 Agustus 2015. Mandat ini diperpanjang melalui Resolusi Dewan Keamanan PBB No 2172 tahun 2014.

Pada resolusi tersebut, Dewan Keamanan PBB menyambut dialog lanjutan dan perluasan kegiatan terkoordinasi antara UNIFIL dan Angkatan Bersenjata Lebanon.

Tentu hal ini mengalirkan dukungan negara perkumpulan PBB kepada Tentara Nasional Lebanon untuk meningkatkan kemampuan dan menegaskan kembali seruannya bagi pembentukan zona bebas senjata. "Selain yang menjadi tanggungjawab UNIFIL di Lebanon Selatan," kata Moeldoko saat memberikan sambutan kemarin.

Informasi diperoleh, Satgas ini oleh dipimpin Letkol Laut (P) I Gung Putu Alit Jaya dan diperkuat sebanyak 100 personel TNI AL. Mereka terdiri dari 88 personel awak kapal perang, 7 personel pilot dan kru Heli serta masing-masing seorang perwira kesehatan, Kopaska, penyelam dan perwira intelijen dan penerangan.

Satgas ini juga dilengkapi 1 HeliBolkow BO-105/NV-410 dari Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal), Surabaya.(ydh)