Sen07062015

Last update08:15:47 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Sejumlah Nama Layak Diusung di Pilkada Kuansing

JAKARTA - Lembaga survei Indonesia Development Monitoring (IDM) menyodorkan hasil surveinya tentang peluang sejumlah nama tokoh jelang pemilihan Bupati Kuantan Singingi, Riau. Hasilnya, muncul sejumlah nama yang layak diusung.

Direktur Eksekutive IDM  Fahmi Hafel menuturkan, survei di kabupaten yang lebih dikenal dengan nama Kuansing itu dilakukan untuk mengukur popularitas, akseptabilitas, kapabilitas dan elektabilitas tokoh. “Survei ini memotret opini warga Kuantan Singingi,” ujarnya melalui rilis ke media.

Dari survei itu muncul nama-nama yang berpotensi diusung karena punya peluang lumayan.  Antara lain Mursini (anggota DPRD), Zulkifli (wakil bupati incumbent, red), Mardian Ustha, Indra Putra (politukus Golkar), Mardianto Manan, Imran dan Muharman.

Untuk akseptabilitas mislay, Mursini berada di urutan teratas. Dengan akseptabilitas 31,7 persen, anggota DPRD Kuansing itu mengungguli Zulkifli yang juga wakil bupati incumbent. Akeptabilitas Zulkifli hanya 18,3 persen.

Selanjutnya ada nama Mardjan Ustha (13,3 persen), Imran (10,3 persen) dan Indra Putra (8,1 persen). “Masih ada 7,7 persen responden yang belum menentukan pilhan,” kata Fahmi.

Survei IDM itu dilakukan 8 hingga 20 Juni 2015 dengan mengunakan metode multistage random sampling. Survei dengan 1137 responden itu memiliki margin of error 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.(rmo/jpnn)