Rab09032014

Last update10:51:01 AM

Back Anda disini: Home

Artikel

Evakuasi Seluruh Kota

SYDNEY - Pemerintah Australia mengevakuasi seluruh penduduk Kota Morwell, Negara Bagian Victoria, kemarin (28/2). Sebab, asap dari tambang batu bara yang meledak sekitar tiga pekan lalu mulai mengandung partikel berbahaya. Ledakan tersebut merupakan dampak dari kebakaran hutan yang terjadi di Victoria sejak awal bulan.
Rosemary Lester, pemimpin Dinas Kesehatan Victoria, menerbitkan perintah evakuasi karena kualitas udara semakin buruk. Kandungan partikel berbahaya di Morwell mencapai 280 mikrogram per meter kubik sejak Kamis (27/2). Angka tersebut 11 kali lipat dari ambang batas normal kualitas udara harian di Australia. Karena itu, pemerintah mengimbau warga untuk meninggalkan Morwell.

"Kami mengimbau warga berusia lanjut, di atas 65 tahun, serta anak-anak dan perempuan hamil atau siapa pun yang menderita gangguan paru-paru dan jantung untuk mengungsi," paparnya.
Akan lebih baik, menurut dia, jika seluruh warga yang tinggal di kawasan selatan Morwell juga mengungsi untuk sementara waktu. Yakni, setidaknya selama sekitar 10 hari.
Karena api yang membakar hutan Victoria belum padam, Lester berharap mereka yang mengungsi tidak buru-buru kembali ke tempat tinggal masing-masing. "Ini sudah pekan ketiga dan kandungan partikel berbahaya pada asap dari tambang batu bara yang meledak mulai mengancam kesehatan masyarakat," ujarnya. Perdana Menteri (PM) Victoria Denis Napthine mendukung imbauan Lester tersebut. (AFP/hep/tia/ce6)