Sen07062015

Last update09:30:57 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Petahana Bersaing dengan Istri Sendiri di Pilkades

BOJONEGARA - Pemilihan Kepala Desa Mengkunegara di Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang, terbilang unik. Pasalnya, pesta demokrasi yang dihelat di desa tersebut hanya diikuti dua calon, dan keduanya adalah suami istri.

"Nomor satu atas nama Bapak Maksum dan nomor dua atas nama Ibu Dakiro. Kebetulan keduanya adalah pasangan suami istri," kata Imam Gozali, Ketua Panitia Pilkades Mangkunegara dilansir Radar Banten (Grup JPNN.com), Minggu (28/6). Dikatakan Imam, pihaknya telah membuka pendaftaran pencalonan selama 23 hari, untuk mendapatkan calon lebih dari satu. "Kami hanya menghasilkan dua calon," tegasnya.

Untuk jumlah daftar pemilih tetap (DPT), lanjut Gozali, yaitu sebanyak 2.383, yang terdiri dari pemilih laki-laki 1.205 dan perempuan 1.182.

"Untuk persiapan sendiri sudah 100 persen, tinggal melaksankan pemungutan suara saja, waktu pemungutan suara sampai pukul 14.00 WIB," terangnya.

Menurut Imam secara aturan dua calon Kades dari pasangan suami istri dibolehkan.

"Pasangan suami istri tidak dipermasalahkan. Karena yang menjadi dasar, calon kepala desa harus lebih dari satu, kalau kurang dari satu makan tidak bisa melaksanakan Pilkades," ungkapnya. Imam menjelaskan, bahwa untuk keamanan di Desanya sangat kondusif dan sangat kecil potensi konfliknya.

"Insya Allah kalau keamanan sangat kondusif, mungkin se-Kabupaten Serang hanya di Desa Mangkunegara yang paling kondusif. Untuk masyarakat juga sangat antusias mengikuti Pilkades sendiri, karena setiap ada Pilkades angka partisipatifnya tinggi," tambah Imam.

Maksum sendiri menjadi kepala desa sejak tahun 2000."Pak Maksum merupakan calon incumbent (petahana), beliau menjabat kepala desa sejak tahun 2000 dan ini terakhir pencalonannya," pungkasnya.(radarbanten/jpnn)