Back Anda disini: Home

Artikel

Mulai Menyalahkan Ban

SEPANG – Masalah grip ban masih dialami kubu Yamaha Factory Racing di tes pramusim MotoGP kemarin. Valentino Rossi dan rekan setimnya Jorge Lorenzo merasa frustasi dengan ban baru Bridgestone yang membuat performa motor Yamaha YZR-MI mereka justru menurun drastis.

Juara dunia sembilan kali itu merasa lebih sulit mengendalikan motornya, mulai muncul masalah understeer dan yang jelas tak cukup grip pada saat akselerasi. Waktu terbaik yang diraih “The Doctor” hanya 2 menit 00, 065 detik, tertinggal 1,5 detik dari pembalap tercepat Dani Pedrosa dari Honda Repsol.

Dengan kondisi itu, Rossi mengaku timnya dalam situasi yang gawat dan harus segera menemukan solusinya jika tak ingin tertinggal lebih jauh dari Honda. “Hari ini sebenarnya tak terlalu buruk, saya keempat, tapi sedikit khawatir karena dengan ban baru, kami justru mengalami masalah,” kata Rossi seperti dilansir crash. “Motor tidak punya grip yang baik dan sulit dikendalikan.

Kami sudah mencoba berbagai setelan hari ini (kemarin) tapi belum juga menyelesaikan masalah,” imbuhnya. Di sisi lain, Honda yang jadi rival utama Yamaha, justru terus mengalami peningkatan kendati tak diperkuat pembalap andalannya, Marc Marquez yang masih menjalani terapi patah kaki. Padahal mereka memakai tipe ban yang sama. “Sepertinya motor kami yang paling menderita dengan ban baru ini.

Kami sangat kesulitan melahap tikungan, karena dengan ban ini motor terus bergoyang sehingga kehilangan banyak waktu,” keluh Rossi. Tanpa Marquez, Honda kata Rossi tetap mampu mendominasi tes tahap kedua di Sepang. Padahal, catatan waktu sang juara dunia di tes tahap pertama masih lebih cepat dari waktu Pedrosa kali ini. “Jadi saya membayangkan, jika Marc tampil di sini, maka waktunya pasti akan lebih cepat dari itu,” kata Rossi. (dim)