Back Anda disini: Home

Artikel

Fokus Liga Champions

BILBAO – Athletic Bilbao berusaha mempertahankan posisi mereka di posisi empat besar La Liga demi merebut tiket ke babak kualifikasi Liga Champions musim depan. Karena itu, tiga poin pun jadi target yang tak boleh ditawar kala mereka menjamu tim peringkat ke-13, Granada di Estadio San Mames, dalam lanjutan jornada ke-26, Jumat (28/2) malam waktu setempat atau Sabtu (1/3) dinihari WIB.

Hanya saja, laju Los Leones -julukan Bilbao- yang baru mulai mereguk kemenangan lagi sedang diganggu rumor-rumor murahan. Entrenador Bilbao, Ernesto Valverde disebut-sebut sebagai calon kuat pengganti Gerardo Martino di Barcelona. Sayangnya, isu ini muncul setelah mereka baru saja meraih tiga poin dari markas Real Betis setelah sebelumnya paceklik kemenangan pada empat laga sebelumnya. ”Kami hanya menang melawan Betis yang bermain dengan sembilan orang.

Itu bukan kemenangan yang brilian. Jadi jangan berpikir dulu bahwa kami telah menjalani momen membalikkan nasib atau telah terjadi peningkatan performa dalam tim ini,” sembur Valverde dalam jumpa pers jelang laga seperti dilansir Ideal Digital.es. ”Anda mengharapkan saya mengatakan apa (soal jadi kandidat pelatih Barcelona)? Ini lelucon bukan? Saya tak ingin berbicara soal lelucon.

Saya sarankan anda berbicara dengan orang yang menulis artikel ini. Saya sudah sering diberitakan seperti ini dan tidak akan mengganggu saya. Konferensi pers ini tentang pertandingan kami melawan Granada,” kata Valverde berkilah. Ya, sebelum mengatasi Betis, Bilbao menyerah dengan skor identik 1-2 dari Atletico Madrid dan Espanyol di San Mames. Dua laga lainnya di tengah periode tersebut dilalui Los Leones dengan hasil imbang, yakni 0-0 di markas Celta Vigo, serta 1-1 juga di kandang sendiri kala menjamu Real Madrid.

Tentu tiga hasil buruk pada tiga laga kandang terakhir tak mau diulangi Bilbao kala kedatangan Granada. Kewaspadaan tingkat tinggi pun dimunculkan Valverde terhadap kekuatanEl Nazaries -julukan Granada- yang juga mencari hasil positif. Itu karena poin mereka sekarang hanya berjarak lima poin dari Real Valladolid di zona merah. Tim polesan Lucas Alcaraz itu pernah mengecap kemenangan 1-0 di San Mames (28/11/2011.

Pada pertemuan pertama musim ini, Bilbao menyerah di kandang El Grana 0-2. Di laga ini, Bilbao menyambut kembalinya Benat Etxebarria, Guillermo Fernandez dan Gaizka Toquero paska cedera, serta Aritz Aduriz setelah skorsing. Hanya Ibai Gomez, Inigo Perez dan Ruiz Galarreta absen. Sedang Granada kehilangan Jeison Murillo dan Fran Rico akibat akumulasi kartu, serta Odion Ighalo yang cedera. Untungnya, el capitan, Diego Mainz, lalu Diego Buonanotte, serta Tiago Ilori sudah bisa dipakai. (sbn)