Kam11272014

Last update10:46:32 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Badai Cedera di Pekan Maut

    MANCHESTER - Masa-masa suram yang menyelimuti Manchester United sepertinya belum akan berakhir dalam waktu dekat. Setelah mengalami pasang surut bersama David Moyes di musim lalu, kini tim dengan julukan Setan Merah itu harus terseok-seok dengan kekuatan seadanya saat menjalani awal Premier League Inggris musim ini.
    Betapa tidak, sepuluh pemain mereka harus tumbang lantaran mengalami cedera yang sangat serius saat Premier League Inggris baru berjalan tujuh pekan. Parahnya lagi, 60 persen dari total pemain yang sedang meradang sakit itu mayoritas adalah pemain yang berposisi di sektor belakang (selanjutnya lihat grafis).
    Kondisi tersebut yang membuat pelatih United, Louis Van Gaal harus memutar otak lebih keras untuk mempersiapkan timnya lebih kuat. Pasalnya, dalam beberapa pekan ke depan, pemilik Old Trafford ini sudah dinantikan oleh sejumlah tim tangguh dalam lanjutan Premier League.
    Ya, setelah bertandang ke markas West Bromwich pada awal pekan depan, mereka harus kembali untuk menjamu pemuncak klasemen sementara Premier League, Chelsea lima hari kemudian. Belum cukup di situ, seminggu kemudian, Wayne Rooney dan kawan-kawan harus melawat ke markas Manchster City.
    "Itu adalah pekan yang sangat penting bagi kami. Tapi, bagi saya itu sangat menarik," ujar Louis Van Gaal seperti dikutip oleh Sky Sports. Karena kita tahu dalam beberapa minggu ke depan, sudah menunggu tim-tim kuat, West Brom, Chelsea, dan City, itu semua adalah pertandingan yang sangat besar bagi kami," tegasnya.
    Bahkan, pelatih asal Belanda itu mengungkapkan bahwa, melawan tim-tim besar dengan kondisi tim yang tidak utuh tersebut, adalah ujian yang sebenarnya bagi Rooney dan kawan-kawan di musim ini. "Saya berpikir, ini adalah saat yang tepat untuk mengukur sejauh mana kekuatan tim di musim ini," tegas Van Gaal.
    Dalam benak Van Gaal, untuk menaklukan tim-tim kuat seperti West Brom, Chelsea, dan City bukan tugas gampang. Terutama Chelsea yang menjadi satu-satunya tim paling tangguh alias belum pernah terkalahkan di musim ini. Sementara City, dengan status juara bertahan, mereka sudah pasti akan terus menjadi "tetangga yang berisik" dan menjegal United dalam laga tersebut.
    "Itu yang membuat saya pesimistis kalau United akan sulit untuk melaju ke Liga Champions," keluh Van Gaal. "Jadi, kalau kami berhasil mendapatkan jatah itu (lolos ke Liga Champions, red) di musim ini, maka itu adalah prestasi yang sangat besar," kata pelatih berusia 63 tahun itu.
    Seperti yang diketahui, Premier  League memiliki empat jatah ke Liga Champions. Regulasinya, tiga tim yang berada di posisi teratas klasemen akhir sedangkan di posisi keempat lolos setelah melalui babak play-off. Nah, meski United saat ini berada di posisi keempat klasemen sementara, tapi itu belum mampu membuat Van Gaal optimistis United bisa lolos ke Liga Champions musim depan. "Pada saat ini kita berada di posisi keempat, namun kami akan mencari tahu di mana kita berada di dalam beberapa minggu ke depan," ucapnya. (dik/ce5)