Back Anda disini: Home

Artikel

Becak Disulap Jadi Mobil

LUBUKLINGGAU - Ada pemandangan lain di pelataran parkir Polres Lubuklinggau. Satu unit becak disulap dan dihiasi menjadi mobil hias yang rencananya akan digunakan untuk pawai kendaraan dalam kegiatan memperingati HUT Lubuklinggau pada Jumat (17/10) nanti.

Kasat Lantas Polres Lubuklinggau, AKP Novalina Tarihoran menjelaskan mobil hias yang diusung pihaknya itu membawa suatu pesan keselamatan lalu lintas dan penyadaran tertib berlalu lintas di masyarakat. Kegiatan pawai juga dimaksudkan sebagai upaya pihaknya meminimalisir kecelakaan lalu lintas dan masyarakat dapat melihat, memahami dan mengerti pentingnya kesadaran berlalu lintas.

Apalagi pesan pelopor keselamatan lalu lintas dibawa langsung para polisi cilik
(Pocil). Sehingga, diketahui jelas pentingnya mematuhi aturan berlalu lintas dan
mengedepankan keselamatan dalam berkendara.

"Kita harapkan pesan keselamatan lalu lintas ini benar-benar diperhatikan. Khususnya para orang tua untuk lebih peka dan mengawasi anaknya saat menggunakan kendaraan," katanya saat melihat kesiapan peluncuran mobil hias Satlantas Polres Kota Lubuklinggau, Rabu (15/10).

Dia menjelaskan, faktor kecelakaan dan pelanggaran berlalu lintas berdasarkan data yang dimiliki, banyak menimpa anak-anak usia sekolah atau generasi penerus bangsa. Hal ini disebabkan kurangnya pemahaman, kesadaran dan pentingnya keselamatan berlalu lintas. Apalagi banyak orang tua yang membela atau membiarkan anaknya melakukan pelanggaran berlalu lintas.

Padahal orang tua memiliki peran penting untuk memberikan contoh dan penyadaran tertib berlalu lintas. Tidak membiarkan atau memberikan kemudahan anaknya membawa kendaraan padahal belum cukup umur dan tidak dilengkapi dokumen berkendara. (wek)