Back Anda disini: Home

Artikel

Perbolehkan Beli Bawa Jeriken

SEKAYU – Masih banyak masyarakat yang binggung mengenai stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang melayani pembelian bahan bakar minyak (BBM) pakai jeriken di Muba.

Kondisi ini membuat Humas PT Pertamina Pemasaran Wilayah II, Alicia Irzanova, angkat bicara. Menurutnya, pihak SPBU diperbolehkan melayani pembelian BBM pakai jeriken, asalkan pembeli mengantongi surat rekomendasi dari SKPD atau pihak berwenang lainnya.

Pasalnya, lanjutnya, Pertamina pada dasarnya melayani kebutuhan BBM kepada seluruh masyarakat di seluruh pesolok wilayah. Maka itulah, masyarakat yang berada di kelurahan dan pedesaan yang kemungkinan jarak SPBU sangatlah jauh, hingga berpuluh kilometer.

"Kita perbolehkan beli BBM pakai jeriken, asalkan kantongi surat rekomendasi pihak berwenang,” kata Alicia, Senin (6/10). Pembelian ini, hanya diperuntukkan untuk BBM bersubsidi saja. Sedangkan pembelian BBM tak bersubsidi, tak perlu mengantongi surat rekomendasi.

Meski demikian, diakuinya, Pertamina mengajak seluruh masyarakat berperan aktif mengawasi pendistribusian BBM subsidi yang ada. Ini dilakukan agar pendistribusian BBM subsidi bisa tepat sasaran.

“Bagi SPBU yang bandel dan masih melayani pembelian BBM pakai jeriken tak mengantongi surat rekomendasi. Kita (Pertamina) akan berikan saksi kepada pemilik SPBU, berupa pengurangan suplai minyak hingga penutupan,” pungkasnya. (yud)