Back Anda disini: Home

Artikel

Pria Ini Kampanye "Pilihlah Si Hitam" dalam Pemilu Lokal di Adelaide

Seorang calon anggota Dewan Pemerintahan Kota Adelaide, Nkweto Nkamba, mengundang perhatian luas setelah meluncurkan kampanye yang justru bagi kebanyakan orang dipandang rasis. Ia melakukan kampanye di dapil The Parks di ibukota Australia Selatan itu dengan tema "Pilihlah Si Hitam".
 
Pria asal Zambia yang telah menjadi warga negara Australia ini menyebar poster kampanyenya yang bertema "Vote for the black guy". Tema seperti ini sangat sensitif di masyarakat Australia karena berbau rasis.
 
Namun, kepada ABC, Nkweto Nkamba, membantah apa yang dilakukannya sebagai perbuatan rasis. Dalam poster itu, ia juga menyingkat namanya menjadi NK dengan alasan nama lengkapnya sangat sulit untuk disebut oleh calon pemilih.
 
Pemilu lokal ini diadakan untuk memilih anggota council (Dewan Pemerintahan Kota) untuk wilayah Pelabuhan Adelaide-Enfield.
 
NK menjelaskan, poster kampanyenya tidak bermaksud menunjukkan kelebihan dari ras tertentu. "Ini semata-mata untuk menarik perhatian pemilih," katanya.
 
Ia mengaku dengan poster seperti itu, ia bermaksud menampilkan sisi humor.
 
"Tanggapan orang cukup baik, mereka ketawa-ketawa dan foto-foto dengan saya," ucap NK.
 
"Ada sejumlah pemilih yang datang meminta poster dan bilang kami akan pasang di belakang mobil kami," tambahnya.
 
Namun ia menyadari ada risikonya jika kandidat lainnya yang bukan berkulit hitam juga berkampanye dengan menonjolkan warna kulit mereka. "Mungkin tidak akan terlihat original," kata NK lagi.
 
Pemilu lokal ini diadakan dengan sistem pemberian suara melalui pos, bukan melalui TPS, dan surat suara terakhir diharapkan akan diterima awal November mendatang.