Back Anda disini: Home

Artikel

Longsoran Jalan Bandara Meluas

PAGARALAM –Amblas badan jalan menuju Bandar Udara (Bandara) Atung Bungsu di Dusun Mingkik, Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan, kini meluas.

Sebelumnya, lebar badan jalan yang mengalami longsor 4 meter, kini bertambah menjadi 10 meter dengan kedalaman sekitar 20 meter. Di lokasi badan jalan yang amblas pihak kecamatan memasang bambu sebagai pertanda hati-hati bagi pengguna jalan.

Seperti diungkapkan Ujang dan Didi, warga Dusun Mingkik, amblasnya jalan menuju bandara sudah terjadi beberapa hari lalu disebabkan tanah di bawah badan jalan longsor.

“Amblasnya badan jalan membentuk lubang sangat besar. Kondisi ini sangat
membahayakan para pengendara. Kerusakan jalan ini harus segera ditanggulangi, karena kerusakan semakin lebar tiap harinya,” ungkapnya.
Pihaknya berharap Pemkot Pagaralam melalui dinas terkait, harus tanggap dengan kondisi jalan yang rusak. Meski belum bisa melakukan perbaikan, setidaknya di lokasi jalan yang amblas diberi rambu atau tanda-tanda bahaya.

Camat Dempo Selatan Yusman Sohar SE mengungkapkan, amblasnya jalan menuju Bandara Atung Bungsu tentu butuh perhatian dan penanggulangan dari pihak terkait, dalam hal ini Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (DishubKomimfo) Kota Pagaralam maupun Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pagaralam, agar bisa sesegera mungkin melakukan perbaikan.

“Setidaknya, untuk longsoran di kawasan jalan menuju Bandara Atung Bungsu terdapat dua titik. Longsoran pertama tebingan tanah di samping kiri jalan, serta longsoran jalan yang amblas hingga lebar mencapai 10 meter. Secara lisan jalan bandara yang amblas telah kita laporkan kepada Walikota Pagaralam. Secepatnya, kita akan kirim surat ke Dinas PU untuk bisa segera dilakukan perbaikan,” katanya.

Terlebih kata Yusman, sebentar lagi Bandara Atung Bungsu akan segera beroperasi. “Bila Bandara Atung Bungsu sudah mulai beroperasi, akan sangat banyak kendaraan yang melintas, maka perbaikan jalan dilakukan secepatnya. Untuk menghindari hal tidak diinginkan, kita akan melakukan pemasangan pagar bambu di lokasi jalan amblas, sehingga pengendara bisa lebih berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan,” paparnya.

Terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Pagaralam Ir. H. Sunarto MM, melalui Kabid Bina Marga Teddy Juniastanto ST mengatakan, pihaknya akan menerjukan tim untuk melakukan pengecekan ke lokasi jalan yang amblas. “Tim akan melakukan pengecekan secara detail kerusakan, sehingga dapat diketahui besaran anggaran dana perbaikan yang harus disiapkan,” paparnya. (ald)