Sen01262015

Last update09:46:17 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Berebut Rp400 Juta

JAKARTA – Sempat tertunda, Surya Citra Media (SCM) Cup akhirnya dipastikan digeber pada 17-27 Januari mendatang. Delapan tim dipastikan ikut ambil bagian dalam turnamen pramusim yang dibagi menjadi dua grup tersebut.

Grup A dengan peserta Semen Padang, Persija Jakarta, Sriwijaya FC, dan Persebaya Surabaya bertarung di Stadion H Agus Salim, Padang. Adapun Grup B yang digeber di Stadion Kanjuruhan, Malang, diisi tuan rumah Arema Indonesia, Persela Lamongan, Mitra Kukar, dan Persipura Jayapura.
Rivalitas di turnamen ini bakal panas. Mengingat, kedelapan peserta itu adalah klub papan atas Indonesia Super League (ISL) musim lalu. Bahkan, kecuali Sriwijaya FC dan Persija Jakarta, mereka adalah kontestan delapan besar ISL 2014. Keringat yang mereka peras di lapangan tidak akan sia-sia karena panpel juga siapkan hadiah bagi empat tim yang lolos semifinal dengan hadiah total Rp400 juta. Rinciannya, tim juara dapatkan hadiah Rp150 juta, runner up Rp100 juta, peringkat ketiga Rp75 juta, dan posisi keempat Rp50 juta. Sedangkan pencetak gol terbanyak diapresiasi Rp25 juta.
“Semoga persaingan di Padang dan Malang bisa menjadi ajang warming up klub-klub dan hangatkan pre-season ISL 2015,” terang Sekjen PSSI, Joko Driyono, di Jakarta, Senin (12/1).
Dijelaskan Joko, PT Liga Indonesia selaku regulator kompetisi di Indonesia dilibatkan dalam penyusunan jadwal dan pembagian grup. Untuk pembagian grup, didasarkan pada letak geografis masing-masing tim. Dari sekian tim, Persela dan Persebaya menyita perhatian dalam pemisahan menjadi dua grup ini karena keduanya available untuk ke grup A atau B. Setelah dipertimbangkan dengan matang, akhirnya Persela dilempar ke grup B yang identik dengan timur, sementara Persebaya diletakkan ke grup A atau barat.
“Indonesia ini jika dibelah akan menjadi dua wilayah, barat dan timur. Kami sepakat dua grup ini diisi tim-tim yang hebat dan memiliki track record bagus. Beberapa klub juga pernah menjadi juara ISL seperti Persipura, Arema, dan Sriwijaya FC. Keikutsertaan mereka pastinya memberikan keuntungan bagi setiap peserta meski tanpa diramaikan Persib Bandung,” ujarnya.
Dari delapan tim yang dibagi menjadi dua grup, nanti di masing-masing grup akan diambil juara dan runner up. Keempat tim tersebut langsung diadu kembali di babak semifinal yang dilaksanakan di Padang dengan sistem silang. Juara grup A ketemu runner up grup B dan juara grup B ketemu runner up grup A. Pemenang di babak semifinal akan lolos ke final untuk berebut trofi juara. Sementara tim kalah di semifinal akan bertarung untuk menempati posisi ketiga dan keempat.
Direktur Program dan Produksi SCM, Harsiwi Achmad, menggaransi semua pertandingan akan disiarkan secara langsung di dua televisi nasional, SCTV pada pukul 15.15 WIB dan Indosiar untuk partai pukul 18.30 WIB. “Turnamen ini sudah memasuki tahun ketiga. Semoga memberikan kontribusi bagi tim-tim dan bisa digulirkan di tahun-tahun berikutnya,” jelas Harsiwi. (kmd/ion/ce4)