Jum07032015

Last update11:00:19 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Malaysia Mengetahui Identitas Dalang Pembajakan Tanker Malaysia

PUTRAJAYA - Penyidik Agen Keamanan Laut Malaysia berhasil mempersempit daftar siapa dalang dibalik pembajakan Tanker Malaysia MT Orkim Harmony beberapa waktu lalu.

Wakil Direktur Umum Agen Keamanan Laut Malaysia (operasi) Laksamana Datuk Ahmad Puzi Ab Kahar mengatakan pihaknya sekarang telah mendapat gambaran tentang identitas dalang pembajakan kapal tanker minyak pada 11 Juni.


 
"Ini bukan kasus pertama di mana telah ada beberapa kasus sebelumnya. Kami telah mempersempit ruang lingkup (diduga dalang)," katanya kepada wartawan di markas MMEA di Putrajaya seperti dilansir laman Asia One, Rabu (24/6).

Dalam ekposes perkara di Putrajaya, Rabu kemarin, dari tangan salah satu perompak ditemukan baju kerja ABK tanker MT Orkim Harmony saat diperiksa di Vietnam. Belum dijelaskan secara detail pembajakan itu melibatkan orang dalam atau bukan.

"Ini adalah teka-teki jigsaw, kami harus memperbaiki dan perlu memantapkan bukti kami," ujarnya.

Sebelumnya dirilis kapal MT Orkim Harmony dibajak saat berlayar dari Malaka ke Kuantan saat hilang. Tanker itu membawa 6.000 ton metrik BBM jenis RON95 senilai Rp 7,5 miliar saat kejadian.

Para ABK yang sebelumnya disandera berhasil diselamatkan. Beruntung semua awak kapal yang berjumlah 22 dan lima diantaranya warga negara Indonesia selamat. Namun, seorang koki asal Indonesia bernama Mawit Matin asal Bangkalan, Madura, terluka tembak di paha.(ray/jpnn)