Sab10252014

Last update05:32:23 PM

Back Anda disini: Home

Artikel

Lanjut Juara Nasional

PALEMBANG - Hekta Ahmad, pebiliar andalan Sumsel, berhasil menjadi juara di Kejuaraan Biliar Sutra Seven (7) Balls National Series 2014 Seri V Palembang. Pada partai final di Boycott Biliars, Minggu malam (12/10), Hekta kalahkan pesodok terbaik Jambi, Rizky, dengan skor 5-3.

Ini merupakan kedua kalinya pemilik gelar raja english itu meraih podium pertama di nomor baru. Sebelumnya, dia sabet predikat champions kelas Six (6) Red pada kejuaraan nasional (kejurnas) biliar di Pekalongan, Februari lalu. “Sekarang Hekta meraih juara di nomor seven  balls. Padahal, persiapannya hanya dua minggu,” ujar Hussein Adhan, pelatih biliar Sumsel, Senin (13/10).
Menurut Hussein, untuk menempuh tangga juara, tidak mudah. Apalagi pada partai puncak, Hekta sempat tertinggal 2-3. “Di frime keenam, Riski foul (pelanggaran) pukul bola tujuh tidak kena, akhirnya skor tiga sama,” tambah dia.
Dengan demikian, pesodok terbaik di Sumsel ini berhak mendapatkan tiket ke grand final di Jakarta, 25 Oktober nanti. Hussein berharap Hekta tidak hanya ikut berpartisipasi di tingkat nasional yang diikuti para jawara dari seri, Jogjakarta, Medan, Makassar, Surabaya, dan Jakarta itu.  Sekalipun peraih emas PON XVIII Riau 2012 itu baru pertama kali turun di nomor bola tujuh.
“Insya Allah. Karena ini sudah berat, semoga Hekta bisa jadi terbaik. Doa dan dukungan masyarakat khususnya pencinta biliar di Sumsel kita butuhkan. Bukan apa-apa, ini nomor baru di wilayah Sumbagsel. Jadi, Hekta mewakili Sumbagsel bukan Sumsel,” ujar dia.
Hanya memberi tahu, kejuaraan 7 Balls dibuka, Sabtu (11/10), diikuti 144 peserta atau overtarget (128 kontestan). Keberhasilan Hekta tidak terlepas dari tangan dingin sang arsitek, Hussein. Sebagai bukti, meski tidak lagi mendapat dana insentif dari KONI Sumsel, Hussein tetap bertanggung jawab terhadap kemajuan atlet.
Peringkat ketiga dalam kejuaraan itu adalah Dodi dan posisi empat Ardi. Sementara untuk peringkat 5-8, diisi Erdi, Agus Fuat, Fuji, dan Joni.  Juara pertama mendapat Rp2,5 juta. Kemudian juara kedua Rp1,5 juta, juara 3 Rp1 juta, dan juara 4 Rp500 ribu. “Juara 5-8 masing-masing mendapat Rp250 ribu. Juara 9-16  mendapat Rp150 ribu. Jadi total hadiah Rp8,1 juta,” terang dia. (ion/ce4)