Back Anda disini: Home

Artikel

2016, Bangun Hotel Bintang 5

PALEMBANG – Mempersiapkan diri menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Pemprov Sumsel akan mulai membangun sejumlah fasilitas yang dibutuhkan. Konsentrasi pembangunan adalah kawasan Jakabaring. Salah satunya, hotel bintang lima.
    Berbagai rencana pembangunan itu diungkap Kepala Dinas PU Cipta Karya Sumsel, Ir H Eddy Hermanto SH, usai pembukaan rapat koordinasi daerah (rakorda) tim pembina jasa konstruksi oleh Dinas PU CK di Hotel Jayakarta Daira Palembang, kemarin (13/10).
“Kami akan bangun hotel bintang lima di Jakabaring. Ini akan menjadi hotel yang besar di Sumsel,” kata Eddy. Untuk konsep pembangunannya, masih dalam tahap perencanaan. Pembangunan hotel bintang lima tersebut akan menggaet pihak ketiga dalam hal permodalan.
“Dana pembangunannya dari pihak ketiga. Kami belum bisa menyebutkan siapa pihak ketiganya. Yang jelas, nantinya pengerjaan proyek dari mereka semua. Pemprov hanya memberikan izin bangun,” jelasnya.
Pembangunan hotel itu akan dimulai pada 2016. Tahun ini akan dimulai perencanaan dan persiapannya saja. Keberadaan hotel bintang lima di Sumsel masih sangat minim. Karena itu, berdasarkan pertimbangan dan masukan dari Gubernur Sumsel, Dinas PU Cipta Karya akan merealisasikannya.
“Ini keinginan Pak Gubernur. Dinas PU CK mendukung program beliau. Apalagi keberadaan hotel itu akan dekat dengan venue-venue olahraga. Saat ini, memang belum ada bangunan hotel di Jakabaring,” beber dia.
Selain hotel bintang lima, pihaknya juga akan membangun sejumlah venue olahraga di kawasan Jakabaring Sport City (JSC). Di antaranya, convention hall terbesar di Sumsel, venue bowling, lapangan bola voli, dan basket. “Semuanya akan bekerja sama dengan pihak ketiga. Begitu pun dengan kantor KONI yang akan dibangun lebih besar di Jakabaring. Untuk penyelesaiannya, ditargetkan sebelum pelaksanaan Asian Games,” ungkap Eddy.
Mengenai keterlibatan pihak ketiga itu, Pemprov Sumsel memang mengajak pihak swasta dan juga calon investor asing. Cara ini untuk meminimalisir pengeluaran dana APBD Sumsel. Khusus untuk perhitungan laba, akan dibahas lebih lanjut. “Pak Gubernur meminta agar program dan rencana ini dipercepat. Sebelum Asian Games dilaksanakan, semua harus tuntas. Sekarang sedang dipersiapkan,” imbuhnya.
Ditambahkan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin, Sumsel memang sedang bersiap untuk menyelenggarakan Asian Games 2018. “Kita siap menjadi tuan rumah berarti kita siap untuk maju dan semakin maju. Dalam hal venue, kita menang dibanding negara lain di Asia. Namun untuk Asian Games ini, kita akan maksimalkan persiapan,” jelasnya. (wia/ce4)